Jumat, 29 Juni 2018

Hai travel lovers, mumpung masih di suasana lebaran nih, mohon maaf lahir batin ya. Mohon maaf kalau ada banyak salah kata. Mohon maaf nih vakumnya agak lama karena banyak hal di luar sana (wkwkw nggak ada yang nanya juga ya). Ya udah deh lanjut 


Berapa bulan yang lalu saya sengaja berkunjung ke Tuban untuk menemui keponakan-keponakan saya yang amat sangat menggemaskan sekaligus berniat untuk mengajak mereka bermain. Namun kali ini saya tidak akan membahas tentang betapa menggemaskan nya mereka ya. LOL

Sambil menyelam minum sirup Marjan, tujuan lain ke Tuban adalah untuk menjawab rasa penasaran saya akan satu pantai yang konon katanya sangat cantik, berpasir putih pula. 

What?? Sumpah ya dulu sering banget ke Tuban karena kakak kandung tinggal di sana, tapi nggak tahu tuh kalau di sana ada pantai berpasir putih yang nampaknya sangat cantik (Cetek banget duh pengetahuannya rini).
Dari beberapa sumber baik itu cerita teman atau internet jadilah tambah menjadi keinginan saya untuk ke sana sekalian saya menjumpai keponakan keponakan saya disana.

Dan tanpa basa-basi yang lama-lama lagi inilah landscape pantai tersebut namanya adalah pantai Remen Tuban.


Pantai Remen adalah salah satu destinasi wisata pantai di Tuban, Jawa Timur. Tuban sendiri mempunyai banyak pantai. Karena lokasinya yang berada di ujung Utara pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan laut utara Jawa. Namun tak semua pantai yang berada di Tuban berpasir putih seperti yang difavoritkan oleh banyak orang ya. Nah, Pantai Remen ini adalah salah satu pantai di Tuban yang ternyata mempunyai pasir putih.


Menurut salah satu pemilik warung di sekitar pantai Remen, pantai ini akan ramai dikunjungi wisatawan pada weekday apalagi weekend. Pagi sampai sore hari akan terus-menerus para wisatawan datang untuk mengunjungi pantai Remen ini. Pantai ini nampaknya cocok sekali untuk dinikmati sambil berselfie ria atau bahkan sekedar berniat bersantai menikmati indahnya pantai.

#LOKASI DAN AKSES JALAN

Nama pantai Remen sendiri berasal dari nama sebuah desa dimana pantai ini berada yaitu di desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur Indonesia.


Nampaknya pantai ini memang cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau sanak saudara dan orang kesayangan lainnya. Hal ini dikarenakan akses jalannya pun yang tidak terlalu sulit dan dapat dilalui oleh semua kendaraan baik ukuran kecil sampai besar. Dan bisa dipastikan akses jalan seluruhnya sudah beraspal.  Happy bukan?

Sedikit cerita, saya memulai perjalanan dari pusat Kota Tuban yaitu sekitaran alun-alun Tuban. Dan saat saya melaju menuju pantai Remen menggunakan mobil, waktu tempuhnya tidak terlalu singkat namun juga tidak terlalu lama yaitu sekitar 35 sampai 40 menit. Waktu yang wajar menurut saya untuk berwisata sambil menikmati perjalanan Kota Tuban. 

Karena lokasi Tuban yang berada di utara pulau Jawa dan berbatasan dengan laut utara dapat dipastikan perjalanan kalian menuju lokasi pantai Remen tidak akan membosankan karena akan disuguhi oleh pemandangan laut yang berapa sisi nya dipenuhi oleh kapal-kapal nelayan yang biasa mencari ikan setiap hari.
#LANDSCAPE,  PEMANDANGAN DAN SUASANA

Kini pilihan untuk menikmati wisata Kota Tuban semakin bertambah apalagi dengan adanya atau dibukanya pantai Remen Tuban ini.

Ada satu hal yang unik yang saya jumpai dari pantai ini. Yang unik yaitu saat kita memasuki area pantai kita akan berjumpa dengan hamparan pasir putih yang melingkar menjorok ke laut sehingga di bagian tengahnya terbentuk sebuah telaga atau danau kecil dengan air yang cukup tenang. Di sekitar telaga atau danau ini terdapat pohon-pohon pinus dan pohon-pohon tropis lainnya yang bisa digunakan untuk bersantai karena suasananya yang teduh dan cukup rindang.



Kemudian di sebelah selatan telaga berjajar warung-warung milik warga sekitar yang bisa kita nikmati sambil beristirahat dan menyantap menu-menu sederhana yang disajikan seperti mie instan, bakso, aneka es dan lain sebagainya.




Di sepanjang barat sampai utara telaga atau danaunya terhampar lautan dengan ombak yang tidak terlalu besar namun cukup jernih dan tentu beserta dengan hamparan pasir putihnya yang halus dan cukup bersih. Benar-benar pemandangan yang cukup unik ketika kalian berdiri di antara Telaga dan air lautnya.


Saya tiba di lokasi sekitar pukul 02.00 siang. Memang sedang panas-panasnya matahari pada saat jam tersebut matahari sedang tinggi-tingginya. Kalau saya punya waktu yang banyak di Tuban pasti saya akan memilih untuk datang di pagi atau sore hari. Namun karena keterbatasan waktu yang saya miliki saat saya berliburan di Tuban sehingga terpaksa saya datang d siang hari. Namun hal tersebut tak mengurangi rasa senang dan takjub saya ketika sampai di Pantai Remen Tuban, terlebih saya bisa melihat makan keponakan saya bermain dengan senangnya kesana kemari.


Oh ya,  seperti kebanyakan pantai lainnya, di pantai Temen Tuban inj juga tak jarang orang menggunakan lokasinya sebagai tempat untuk berfoto ria atau melakukan fotografi dan kebutuhan fotografi lainnya.

#FASILITAS

Nampaknya warga tidak main-main dalam mengelola salah satu pantai di Tuban ini. Saya katakan pantai Remen ini sudah layak untuk dikunjungi oleh banyak orang karena memiliki berapa fasilitas seperti:

- Area parkir yang luas bahkan saya bisa memilih sendiri saya mau parkir dimana. 

- Tempat istirahat seperti di bawah-bawah pohon pinus dan pohon tropis lainnya yang berada di sekitar telaga. 

- Kamar mandi atau MCK

- Rumah makan atau warung yang menjajakan beberapa menu sederhana.

#TRANSPORTASI UMUM


Mohon maaf sekali saya sebenarnya tidak mempunyai banyak informasi untuk kalian yang mungkin berniat ke pantai ini menggunakan transportasi umum seperti bis atau lain sebagainya. Namun seperti yang saya katakan di atas bahwa akses jalan menuju pantai Remen ini sebenarnya sudah seluruhnya beraspal. Maka menurut saya untuk para wisatawan dari luar kota yang ingin menuju pantai ini bisa dilakukan menggunakan bus kota dengan cara turun di terminal bus kota Tuban kemudian bisa memilih sarana transportasi lain ketika berada di sana (terminal) mungkin dengan ojek motor ,sewa motor ataupun sewa mobil pribadi (ojek online belum tersedia di Tuban).

#BAGAIMANA PANTAI REMEN DI MATA SAYA ?

Overall cukup membuat saya puas karena sebenarnya saya tidak terlalu mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap pantai yang ada di Tuban sebelumnya (maaf banget). Sebelumnya saya kira pantai-pantai di Tuban itu kurang menarik karena yang saya lihat di pinggir-pinggir jalan banyak pantai yang pasirnya kotor dan airnya sangat keruh. Nama saya kaget ketika mendapat informasi ternyata ada salah satu pantai di Tuban yang ternyata mempunyai pasir putih dan airnya cukup jernih bahkan bersih kalau saya bilang. So happy to know about it. Worth it kok. Dan lagi Tuban kan punya banyak destinasi wisata yang terkenal. Sehingga bisa sekali berlayar dua tiga pulau terlampaui dong kalau main ke Tuban. Hehe

Semoga lain waktu saya bisa menjajal destinasi-destinasi wisata lainnya di Tuban dan bisa berbagi dengan kalian semua melalui blog ini.

#TIPS DAN SARAN

Yang tak lupa akan saya sampaikan disini adalah tips dan saran ketika kalian hendak berkunjung ke pantai Remen Tuban ini.  



Pertama jangan lupa pakai sunblock ya, hehe  seperti yang kita tahu pantai utara Jawa bersuhu lebih panas menurut saya daripada Pantai Selatan Jawa. Dilihat sekilas mungkin akan sama panasnya namun terasa di kulit sangat menyengat dan lagi anginnya pun terasa lebih panas, sehingga akan lebih aman apabila kulit kita dilindungi dengan sunblock sebelumnya. Untuk menjaga kelembaban kulit ya gak sih cyinnnnn..  Buahahahaha
Yang kedua jangan lupa bawa peralatan pribadi seperti obat, tisu basah, tisu kering, banu ganti dan lain sebagainya yang kiranya kalian butuhkan selama berada di sana.


Nampaknya segitu aja yang bisa saya informasikan kepada kalian mengenai Pantai Remen Tuban. Mohon maaf kalau masih banyak kurang ya. Kalau ada yang mau ditanyakan silakan komen di bawah ya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat kita semua terima kasih.



RINI NOVITA SARI 

@rinie_noe

11 comments:

  1. Wah indah ya pemandangan pantainya :D wajib berkunjung nih kalo ke tuban

    BalasHapus
  2. Wow.. Ini beneran Tuban..?
    Sekilas kayak di Nusa Tenggara hlo kalau dilihat; mulai dari pasirnya sampai warna airnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga ga nyangka tuban puna pantai gini mas . Lumayan kok . Semoga yg dtg berkunjung juga mau jaga kebersihan biar pasirnya gag kotor karena sampah berserakan. :D

      Hapus
  3. widihh joss banget pandai nya bersih, masih list lah untuk di kunjungi.

    BalasHapus
  4. Wah ada yg mengapresiasi Tuban. Terimakasih sudah berkunjung ke tempat kelahiran saya sekaligus berlibur. Semoga berkesan :-)

    Salam dari Tuban

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah salam buat tuban ya mas. cantik kok pantai ini. kayaknya masih ada pantai2 lain yang ga klah cantik ya mas.?

      kakak kandung saya tinggal di tuban. insyalloh kalau kesana mau nyari tempat wisata lagi. ada rekkomendasi wisata alam yg masih asri mas?

      Hapus
  5. Pohon pinusnya menambah keunikan pantai ini. Keren

    BalasHapus

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes