24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Menjelang Ramadhan Dan Idul Fitri 8 Peluang Usaha Ini Layak Dicoba

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Menjelang Ramadhan Dan Idul Fitri 8 Peluang Usaha Ini Layak Dicoba


Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, pun juga bulan yang dinanti-nanti oleh semua umat muslim di Indonesia bahkan di dunia. Keberkahan di bulan Ramadhan tentu sudah dijanjikan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'Ala kepada umatnya yang beriman. Tak hanya itu bulan puasa atau ramadhan dan menjelang lebaran pun dinanti-nanti karena sebagian besar karyawan atau pekerja akan mendapatkan THR atau Tunjangan Hari Raya dari perusahaan atau tempat dia bekerja.


Usaha pribadi
Instagram : @yoursweetchoco
Siapa sih yang hari ini nggak mau uang? Apa lagi lebaran tentu saja akan membutuhkan extra dana untuk berbagai macam kebutuhan. Kebutuhan tersebut bisa berupa kebutuhan pribadi, orang tua, berbagi dengan anak kecil, keponakan, saudara dan orang membutuhkan lainnya. Benar nggak sih?

Banyak orang secara mendadak membuka usaha atau memanfaatkan peluang usaha menjelang bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan memang bulan yang menjanjikan untuk mencari keuntungan dari usaha kita. Meskipun sudah banyak dan akan selalu banyak orang yang membuka usaha di bulan Ramadan, namun hal ini tidak menyurutkan niat kebanyakan orang untuk tetap membuka usaha barunya di bulan tersebut.

Lihat saja di sepanjang jalan atau gang, bahkan di pusat-pusat perbelanjaan ataupun pasar, begitu banyak orang yang menjajakan dagangannya masing-masing. Ya namanya juga manusia pasti selalu ingin dapat lebih dong apalagi berhubungan dengan uang?.

Terkadang manusia memang dituntut untuk kreatif apabila dalam kondisi yang kepepet atau mendesak atau memang benar-benar butuh. Tidak dalam kondisi seperti itu pun sebenernya sudah seharusnya manusia yang mau berkembang harus kreatif dan produktif ya. Apalagi jika kekreatifan dan keproduktifan tersebut bisa menghasilkan pundi-pundi uang diluar penghasilan kita biasanya.

Source : acehtrend.co
Mendapatkan yang lebih atau penghasilan lain-lai selama bulan puasa atau ramadhan dan menjelang idul fitri ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

BASED ON TRUE STORY. Saya sendiri adalah salah satu orang yang menjalankan usaha pada saat menjelang bulan Ramadhan sampai lebaran usai. Selama hampir 4 tahun saya berjualan di bulan Ramadan, hasil yang saya peroleh memang sangat sangat lumayan bahkan bisa melebihi gaji bulanan saya selama di kantor (re: berkali klai lipat). Bikin ketagihan banget nggak tuh lumayan kan dapat double double THR. Dapat THR dari kantor dan juga di luar kantor. Rejeki memang gak kemana sih yang penting mau usaha aja mau capek dan nggak gampang nyerah. Usaha kan memang susah susah gampang.
Source: ddbanten.org
Udah tahu belum usaha-usaha apa saja yang lumayan menjanjikan dan merupakan peluang usaha yang patut dicoba selama bulan Ramadhan sampai lebaran. Yuk kita simak pembahasan berikut ini.
-----------------------------------------------------------------------------------
Sebenarnya jika diamati secara lebih dalam, Anda akan melihat banyak peluang usaha yang terbuka saat bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri. Dan tak semua usaha juga harus menggunakan modal besar. Tergantung kita yang menentukan usaha dalam bentuk apa serta pangsa pasar yang kita targetkan. Semakin tinggi target pasar pasti semakin tinggi pula modal yang harus kita keluarkan, pun sebaliknya.

Modal tersebut dapat membantu kita untuk menentukan jenis usaha apa yang akan kita lakukan pada saat bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Contoh kecil saja, apabila modal kita tak seberapa besar mungkin kita bisa melakukan usaha kecil misalnya menjual jajanan pasar, gorengan, ataupun minuman segar yang dibutuhkan dan dicari oleh orang-orang menjelang waktu berbuka puasa.

Apabila modal lumayan namun tak besar besar banget juga mungkin bisa memilih alternatif berjualan snack atau kue kering yang banyaj dicari menjelang lebaran. Sedangkan apabila memiliki modal yang cukup besar dan siap menerima berbagai resiko tentunya, maka bisa dipilih misalnya menjual barang-barang fashion seperti gamis, baju koko bahkan yang sampai usaha besar seperti rental kendaraan yang biasanya dicari banyak orang untuk mudik dan berlebaran.

Berikut adalah macam-macam peluang usaha yang cukup menjanjikan saat menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. 

Jenis-jenis usaha yang saya tulis di bawah ini mungkin bisa membantu anda untuk dijadikan referensi guna memilih usaha apa yang cocok dengan modal yang anda punya serta kiranya menguntungkan seperti yang anda harapkan:

#1 TAKJIL

Pada bulan puasa tentu saja hal yang paling dicari setiap hari selama satu bulan penuh adalah makanan atau takjil yang sudah seperti ritual untuk membuka puasa pada hari tersebut.

Kenapa saya bilang menjual takjil adalah salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan jika dijalankan pada saat bulan puasa atau ramadhan? Yap, karena kebanyakan orang Indonesia apalagi yang tinggal di perkotaan yang setiap harinya sudah disibukkan dengan berbagai kegiatan seperti di kantor maupun di luar kantor tak akan sempat untuk membuat makanan pembuka atau takjil, sehingga mereka ini akan sangat terbantu dan akan sangat mencari pedagang-pedagang atau penjual yang menjajakan angka atau takjil yang tentunya banyak macamnya.

Yang menjadi PR untuk orang yang hendak menjual takjil ini adalah bagaimana memikirkan cara menjual makanan pembuka ini.  kemudian harga yang relatif murah dan bersaing serta tentunya rasa yang tidak mengecewakan juga akan menjadi pertimbangan para calon pebeli untuk mampir ke stand jualanmu. Dan yang tak kalah penting adalah bagaimana cara memasarkan barang jualannya tersebut sehingga ramai di hampiri oleh para pembeli.

Salah satu tips yang mungkin bisa saya berikan agar barang yang dijual bisa menarik perhatian para pembeli adalah dennagn melakukan variasi atau jenis makanan takjil yang tergolong unik dan jarang dijual oleh orang lain. Unik di sini bisa dari cara pemasaran, bentuk barang yang dijual maupun jenis makanan takjil itu sendiri.

Biasanya orang yang sedang berpuasa akan selalu ingin mencoba hal-hal yang baru dan mereka lihat unik serta menggoda. Karena sudah menahan lapar hampir dari imsak sampai menjelang magrib tentunya orang yang berpuasa ingin memanjakan lidah dan perutnya kan?. Untuk itu strategi berjualan takjil pun tidak bisa dianggap sepele jika ingin mendapatkan keuntungan yang lumayan. Gimana tertarik untuk menjual makanan takjil tahun ini?

#2 MINUMAN SEGAR

Seperti halnya takjil, minuman segar juga merupakan salah satu incaran yang paling dicari oleh orang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Hal ini dikarenakan keinginan oleh orang yang berpuasa untuk menyegarkan tenggorokan serta badan mereka setelah seharian kekurangan cairan karena harus menahan haus serta dahaga. 

Minuman minuman segar ini bisa seperti jus segar es buah es cendol, es campur, es teh. bahkan kolak sekalipun. Tentunya masih banyak sekali macam minuman segar yang layak dijual saat bulan puasa.
Source: nationalgeographic.co.id
Seperti menjual kancil tentu saja menjual minuman segar juga membutuhkan strategi dan pemikiran khusus agar bisa menarik perhatian para orang yang lewat di stan kita. Begitu banyak semua orang yang menjual minuman segar mengharuskan kita semakin kreatif untuk memikirkan jenis minuman Apa yang hendak kita jual. 

Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang kreatif dengan jual minuman dengan berbagai variasi. variasi ini bisa dari kemasan yang khusus menggunakan wadah-wadah tertentu yang lucu. Pernah lihat minuman yang dijual dalam kemasan botol berbentuk unik atau dalam kantong/plastik ziplock yang bisa disajikan untuk menjual es teh sehingga lebih menarik perhatian para calon pembeli? nah ini merupakan salah satu strategi yang cukup ciamik.

Gimana minuman apa yang menurut kalian mempunyai prospek yang bagus untuk dijual tahun ini?

#3 ANEKA FASHION ( BAJU GAIS, JILBAB, BAJU KOKO, dll)

Fashion memang tidak ada matinya. Begitu banyak gaya fashion yang selalu update setiap tahunnya. Fashionista atau para pencinta fashion tentu akan selalu tergiur untuk membelanjakan uangnya guna mempercantik look mereka. 

Begitu juga saat bulan Ramadhan datang dan hari raya lebaran Idul Fitri akan segera datang. Meski tidak ada yang mewajibkan bawa merayakan hari raya Idul Fitri harus selalu menggunakan baju atau fashion yang baru, akan tetapi tentu saja masih banyak orang yang menginginkan yang baru dari look mereka untuk menyambut hari yang suci, yaitu hari raya Idul Fitri.

Karena itu tentu saja menjual barang-barang fashion seperti apalagi yang berbau-bau muslim seperti jilbab, gamis, maupun baju koko akan menjadi pilihan yang sangat menjanjikan untuk dijalankan saat bulan Ramadan dan menjelang hari raya Idul Fitri.

Banyak sekali orang yang menjajakan barang-barang fashion jualannya baik secara langsung yaitu offline maupun secara online lewat berbagai media sosial dan akun yang khusus untuk berjualan. Tentu persaingan dalam bisnis ini akan sangat ketat pada saat bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri Kembali lagi bagaimana pintarnya kita mengatur strategi apa saja agar bisa bersang dengan penjual lain.

#4 KUE KERING DAN KUE LEBARAN LAINNYA

Kue lebaran adalah salah satu hal yang tidak bisa lepas dari bulan Ramadhan, terlebih hari raya Idul Fitri. Hampir semua rumah yang muslim yang merayakan Idul Fitri tentu akan menyajikan makanan maupun kue kering di ruang tamunya guna menjamu para tamu yang sedang bersilaturahmi.

Karena itu saya bilang menjual kue kering ataupun kue lebaran merupakan salah satu usaha yang paling ramai dan mendatangkan banyak keuntungan jika menjualnya dengan harga yang miring namun tetap berkualitas baik dan rasa yang enak di lidah.

jualan pribadi
instagram @yoursweetchoco
golden rondies - delfi

Kembali lagi masalah persaingan, banyak sekali orang yang menjual kue lebaran maupun kue kering pada saat Ramadan dan menjelang hari raya Idul Fitri. Di sini bagaimana kita bisa pintar pintar memikirkan strategi barang apa yang dijual, cara penjualan atau pemasaran, serta cara bersaing dengan para kompetitor kita.

Usaha ini juga yang saya jalankan 4 tahun terakhir menjelang hari raya Idul Fitri. Dan saya benar-benar ketagihan dengan order yang datang dan selalu repeat order sehingga mendatangkan keuntungan yang cukup besar.

Jualan seperti ini akan membutuhkan tenaga dan waktu yang sangat banyak. Sehingga strateginya harus dipikirkan matang-matang. Apakah kita siap untuk menerima resiko kelelahan kan banyak waktu yang tersita untuk berjualan?

Usaha kue kering ini bisa dilakukan dengan memproduksi sendiri barang atau tersebut atau pun menjadi reseller dari produsen kue kering lebaran ini.

Curhat sekalian promosi nih sekali ini lagi lagi saya konsen untuk menjual aneka coklat yang sangat digemari tentunya pada saat bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri. Kepoin yuk akun Instagram kedua saya yang berisi tentang barang-barang dagangan yang akan saya jual selama bulan Ramadhan sampai hari raya Idul Fitri.


#5 PARCEL LEBARAN

Menjual paket ataupun parcel lebaran juga merupakan salah satu alternatif usaha yang bisa dipilih dan dijalankan pada saat bulan Ramadhan datang. Kebutuhan akan parcel lebaran ini bisa datang dari mana saja, bisa dari orang pribadi maupun dari perusahaan ataupun lembaga-lembaga tertentu yang rutin setiap tahunnya membagikan parsel kepada karyawan, kawan, kolega/partner, saudara dan lain sebagainya.

Sebenarnya parcel lebaran bisa dibuat sendiri dengan cara mencari isi dari parsel tersebut. namun kebanyakan pihak yang membutuhkan parcel agak malas jika harus membuat dan menyusun parcel sendiri. Parcel biasanya dijual dalam bentuk atau kemasan khusus yang sudah tertata rapi dalam sebuah wadah ataupun kotak sehingga akan mempercantik hadiah atau parsel tersebut saat akan diberikan kepada orang lain

Walaupun sebenarnya membuat parcel sendiri menurut saya lebih murah ketimbang beli dalam bentuk paket atau parcel yang sudah jadi, akan tetapi menurut saya masih banyak orang yang lebih memilih untuk membeli parcel yang sudah jadi dan siap untuk diberikan kepada orang. Untuk itu menjual parcel lebaran tentu akan cukup menjanjikan dan mendapatkan mendatangkan keuntungan. 

#6 PERALAHATAN IBADAH (MUKENA, SARUNG, TASBIH, ALQURAN, dll)

Tentu saja bulan Ramadan adalah bulan yang sangat baik untuk beribadah. Bahkan Allah menjanjikan pahala yang berlipat-lipat bagi hambanya yang menjalankan ibadahnya dengan baik di bulan Ramadan ini. Karena itu tentu saja banyak pula orang yang mencari atau membutuhkan tangkapan perlengkapan ibadah seperti mukena sajadah, tasbih, sarung atau Alquran yang akan menunjang dan juga untuk meningkatkan semangat ibadah.

Tak jarang juga orang-orang mencari perlengkapan ibadah ini sebagai hadiah kepada sanak saudara ataupun teman maupun oleh-oleh saat hendak pulang kampung.

Karena itu menjual perlengkapan ibadah tentunya akan menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan jika dilakukan pada saat bulan Ramadan. Terlebih jika barang yang dijual mempunyai kualitas ataupun kelebihan dibandingkan dengan produk yang dijual oleh penjual lain.

#7 JASA RESERVASI TIKET

Lebaran juga tak akan lepas dari yang namanya mudik ataupun pulang kampung. Mudik ataupun pulang kampung ini merupakan rutinitas maupun budaya yang pasti dilakukan oleh masyarakat Indonesia baik yang menjalankan ibadah puasa maupun orang beragama lain yang tentunya memanfaatkan waktu libur yang lumayan panjang pada saat hari raya Idul Fitri. Karena itu peluang usaha reservasi tiket tentunya bukan hal yang aneh jika mendatangkan banyak keuntungan dan cukup menjanjikan. 

Harga tiket yang tinggi serta jumlahnya yang terbatas dan banyaknya orang yang berburu tiket mudik ini tentunya menjadi kesempatan bagi para pelaku usaha jasa reservasi tiket. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang susah mendapatkan tiket menjelang hari raya Idul Fitri. Sehingga menggunakan jasa reservasi tiket merupakan salah satu alternatif guna membantu para calon pemudik untuk mendapatkan tiket dan akhirnya bisa menikmati waktu quran dan lebaran bersama keluarga tercinta di kampung halaman. Gimana lumayan menjanjikan bukan mau coba?

#8 RENTAL ATAU SEWA KENDARAAN LEBARAN

Kenapa usaha sewa kendaraan ataupun rental kendaraan pada saat lebaran merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan?

Jadi begini, tentu saja tak semua orang memutuskan untuk mudik menggunakan transportasi umum. Hal ini dikarenakan beberapa orang atau keluarga pun menginginkan liburan yang lebih private dan bisa leluasa mengatur waktu kapan mudik dan kapan kembali ke perantauan tanpa memikirkan reservasi tiket.  Dengan menyewa kendaraan ini pun masyarakat bisa lebih leluasa dalam hal membawa penumpang ataupun membawa jumlah bawaan barang mudik. 

Kelebihan lain dengan menyewa kendaraan saat lebaran ini adalah peminjam kendaraan bisa sekalian jalan-jalan ke mana saja yang mereka inginkan. Tentu saja minus nya mungkin memang mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk para pemudik, namun ini akan menjadi keuntungan yang sangat besar pula bagi para penyewa kendaraan karena tentu para pemudik meminjam kendaraan tidak hanya satu dua hari saja. Malahan banyak yang meminjam kendaraan sampai untuk jangka waktu 1 minggu. Kebayang nggak tuh??  Hihi

Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 komentar

  1. Makanan dimana" paling utama ya mba, apa lagi kalo puasa rasanya rakus pengin semua dimakan, tapi pas udh buka makan nya sedikit dah kenyang, hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post