7 Playlist Lagu Yang Cocok Di Putar Sambil Menikmati Keindahan Alam. Yuk Simak!

Musik merupakan bagian yang sangat penting bagi manusia sekarang ini, termasuk bagi saya. Musik mempunyai peran yang dibutuhkan seperti menemani aktivitas penikmatnya setiap hari dalam berbagai kondisi. 

Musik menurut saya seperti magic, dia bisa berperan besar dalam mempengaruhi mood kita sehari-hari, bahkan bisa dibilang musik bisa mengontrol emosi kita. Lebih dari itu, bagi saya musik memberikan semangat yang lebih dalam beberapa kondisi, seperti memperbaiki mood saya di pagi hari ketika akan bekerja ataupun membangkitkan mood saya di malam hari ketika saya mulai membuka laptop dan memainkan tuts tuts keyboard untuk menulis guna mengisi postingan di blog ini. Bagaimana dengan kamu, apakah musik mempunyai peran besar dalam hidup kamu?


BACA JUGA :Romantic Song : Confetti by Velvet Moon dan Adipati Dolken

Begitu pula saat saya sedang melakukan travelling, musik tak bisa lepas dari sayasaat saya melakukan perjalanan. Dalam perjalanan hampir musik tak pernah berhenti menghiasi telinga saya. Musik membebaskan saya dari rasa bosan serta menjaga saya dari rasa kantuk yang kadang tak tertahankan. Karena itu musik sangat penting perannya saat saya melakukan perjalanan menuju lokasi wisata.

Tak hanya itu saja, musik selalu memperindah momen saya ketika saya sampai di lokasi wisata alam, tentunya. Seperti yang sering saya posting dalam blog ini, saya sangat gemar mengunjungi tempat-tempat wisata bertema alam dengan pemandangan yang sangat cantik dan elok. Pasti kalian juga kan??. 

Ya, alam selalu menjadi pilihan yang baik untuk merefreshing kan pikiran setelah sehari-harinya bergelut dengan aktivitas yang tiada henti. Fisik dan jiwa terasa kembali segar saat kita menikmati dan mensyukuri apa yang kita lihat di depan kita dalam bentuk pemandangan alam. 

Dan saya selalu mempunyai cara sendiri untuk menikmati alam agar terasa lebih syahdu. Haha, mellow sekali ya saya kelihatannya. Ya, untuk menikmati alam saya rasa memang butuh penghayatan agar kita benar-benar bersyukur dengan apa yang kita lihat dan juga kita lebih menghargai waktu yang kita habiskan di sana. Dan musik selalu menemani saya untuk lebih deka dengan alam. 


Deretan Lagu Yang Membuat Kita Merasa Lebih Dekat Dengan Alam
Loc: seruni point , Bromo
Captured by me @rinie_noe

Tentu saja tak semua genre musik cocok diperdengarkan ketika berada di alam. Saya lebih suka memutar musik yang bisa membangkitkan senyawa-senyawa hangat dalam jiwa saya. Musik-musik yang saya maksud ini adalah musik bertema alam yang akan membuat kita merasa lebih intim dengan alam itu sendiri.

Musik apa saja itu, berikut saya rangkum beberapa lagu Indonesia yang menurut saya mempunyai musikalitas yang bagus dan cocok diperdengarkan saat kita berada di alam.

1. FOURTWNTY - DISKUSI SENJA
Jingga menyala warna langitnya, saat senja, saat senja memanjakan kita.
Duduk bersama,  diskusi rasa,  saat senja,  saat senja,  bertukar cerita.  
Jangan tenggelam di dalam masa masamu yang kelam udah pasti berputar cahaya terang datang. 

Beneran deh lagu ini adem banget kayak ubin mushola.  Kualitas suara yang bagus dan musik yang menyayat hati nampaknya cukup lengkap bisa salah satu band indie ini.  4: 20 atau fourtwnty,  namanya sudah tak asing lagi bagi telinga para kawula muda di Indonesia.  Lagunya yang dibawakan sangat santai namun maknaya sangat dalam dan mengena sekali sekali.

Bayangkan menikmati lagu ini dengan secangkir kopi atau teh hangat di alam terbuka dengan suhu yang dingin saat pagi maupun senja.  Hmm manis sekali.  


Lihat dan nikmati musiknya DI SINI 

Lagu ini lebih bercerita tentang hubungan dua manusia atau lebih dalam ikatan pertemanan yang baiknya selalu ada diskusi ataupun cerita guna mengeluarkan unek-unek maupun beban masing-masing. Menceritakan tentang seorang teman yang bersedia untuk mendengarkan teman yang lain dan mengingatkan bahwa di depan sana masih ada harapan yang lebih indah di balik semua masalah yang ada. Bayangkan gimana nikmatnya mendengarkan lagu ini bersama dengan teman-teman kalian,  terlbih dinikmati bersamaan dengan syahdunya pemandangan alam. 



2. FOURTWNTY - PUISI ALAM
Rebahkan lelah tubuh di tempat tinggi tak berpenghuni 
Lupakan sejenak masalah dunia mu, lembut sang awan kan menyambut mu. 
Bermimpi ku berada di tempat indah yang tak terjamah. 
Hanya ada aku dan teman-temanku, mimpi-mimpi tak seperti mimpi.
Bercanda dan tertawa, berbagi apa saja yang ada.
Tak terfikir dunia tak peduli juga apa yang ada di bawah sana.

Lagi lagi lagi dan lagu fourtwnty selalu menyajikan musik yang sangat bisa menyayat hati. Alunan musiknya yang ringan namun sanggup menundukkan hati seakan akan membawa terbang imajinasi para pendengarnya. 1 kata untuk menggambarkan musik fourtwenty adalah "ketenangan"


Lihat dan nikmati musiknya DI SINI 

Lagu ini cocok sekali didengarkan saat berada di ketinggian, menikmati awan, menikmati kabut dan menikmati dinginnya awan. Apalagi ditemani dengan secangkir kopi dan obrolan hangat bersama teman-teman. Sungguh nikma yang tak akan pernah terbayar dengan uang sekalipun. 

Fourtwenty seperti selalu menyajikan musikalisasi puisi. Nggak paham lagi deh, ajaibnya lirik-lirik yang dihadirkan oleh band indie satu ini. Satu yang paling penting dari makna lagu ini adalah harta yang tak akan sanggup membayar kebahagiaan bersama dengan teman-teman.


Berikut Deretan Lagu Yang Cocok Di Putar Sambil Menikmati Keindahan Alam. Yuk Simak!
Loc: seruni point , Bromo
Captured by me @rinie_noe

3. IPANG - PELANGI DAN MATAHARI
Padang hijau di kaki gunung yang tinggi 
Berhiaskan pelangi setelah hujan pergi
Ku terdampar di tempat seindah ini 
Seperti hati sedang sedang jatuh cinta
Ku bahagia merasakannya andaikan aku bisa disini selamanya tuk menikmatinya

Suara Ipank memang tak pernah mengecewakan. Ipang dengan band BIP nya atau dengan solo karirnya cukup sukses merebut hati para penikmat musik Indonesia. Ipang selalu mempunyai tempat tersendiri di hati para pendengarnya. Suaranya yang laki sekali dan musiknya yang sangat enak didengar membuat saya sendiri selalu karya dari Ipang. Musik ipang itu 'soundtrack able' banget kalau saya bilang. Haha



Lihat dan nikmati musiknya DI SINI 

Lagu ini sudah lama sekali namun masih enak didengar sampai sekarang. Menurut saya lagu itu long lasting banget sih, sangat cocok didengerin saat ingin memperbaiki mood apalagi saat kita nikmati di alam terbuka seperti liriknya yang saya tulis di atas.  Lihat aja.  Hmmm

dan ya, seperti lagunya,  saya benar-benar bahagia merasakannya. 

4. EROSS ft OKTA - CAHAYA BULAN (OST GIE) 
Perlahan sangat pelan hingga tenangkan menjelang 
Cahaya kota kelam mesra menyambut sang petang 
Disini ku berdiskusi dengan alam yang lirih, kenapa matahari terbit menghangatkan bumi 
Aku orang malam yang membicarakan tenang. 
Aku orang malang yang menentang kemenangan oleh pedang. 

Eross Candra yang biasanya keluar dengan band legendanya yaitu Sheila On 7, kali ini hadir dengan salah satu musisi muda bernama Okta membawakan lagu untuk soundtrack film dengan judul yang sama yaitu GIE. Film dan lagu ini cukup fenomenal karena menceritakan tentang history seorang pecinta alam yang namanya sangat termasyhur dan idolakan oleh kebanyakan pecinta alam. 

Kisahnya yang romantis serta penuh ketegangan dan ending yang cukup tragis dibaluti dengan lagu yang sangat manis karya Eross Candra ini akan selalu membuat kita merasa selalu dekat dengan alam akan sangat merasa ada ikatan dengan alam.


Lihat dan nikmati musiknya DI SINI 

Lagu ini pun bercerita tentang kedamaian yang didambakan oleh semua orang. Lagu ini sangat kuat, kisah dari tokoh yang diceritakan pun sangat kuat. Hal ini membuat siapapun yang mendengarkan lagu tersebut akan membayangkan kenyamanan dan kedamaian saat kita menikmati keindahan alam seperti yang dirasakan oleh sosok hihi kisah hidupnya. Bagaimana dia mencintai alam dan bagaimana dia menghargai alam.

5. PAYUNG TEDUH - CERITA TENTANG GUNUNG DAN LAUT
Ta ra ra ru ru ru ru hah ta ra ra ru ru ru ru hah ta ra ra ru ru ru ru hah ta ra ra ru ru ru ru hah
Tak perlu tertawa atau menangis pada gunung dan laut karena gunung dan laut tak punya rasa
Aku tak pernah melihat burung menangis biarpun matahari membakar tubuhnya 

Aku tak pernah melihat laut tertawa biarpun kesejukan bersama tariannya. 

Payung Teduh nampaknya selalu berhasil merebut hati para pendengarnya terutama kaum muda yang sangat mendambakan musik yang bisa membawa ketenangan dan mewakili perasaan mereka.  Band yang akhir-akhir ini langsung melejit karena single akadnya sebenarnya sudah eksis sejak lama dikalangan tertentu. Hanya saja lagu akad membuat ama membawa mereka kepada titik booming secara global, sampai akhirnya sang vokalis memutuskan untuk keluar karena berbagai permasalahan internal. 

Balik lagi ke makna lagu ini, menurut saya sebenarnya lagu ini mempunyai makna bahwa tak ada tempat mengadu yang lebih tepat selain kepada Tuhan, selain kepada pencipta.  



Lihat dan nikmati musiknya DI SINI 

Bener-bener bikin merinding si lagu ini.  Lihat lirik ini. Ngerasa ditampar gak sih?? 

Berikut Deretan Lagu Yang Cocok Di Putar Sambil Menikmati Keindahan Alam. Yuk Simak!
Loc: Savana  Bromo
Captured by me @rinie_no

6. FIERSA BESARI - ALAM BUKAN TEMPAT SAMPAH
Mungkin kita sudah lupa cara jadi manusia
Harusnya sebarkan cinta bukan hancurkan dunia
Hidup bukan hanya tentang untuk harta atau berlomba jadi penguasa
Apalah artinya kita tanpa semesta Lindungilah satu rumah kita
Segala yang dirusak dan kura-kura itu anda akan sembuh begitu saja mulai turun tangan aksi demi bumi yang lebih baik tuk diwariskan

Benar-benar mempunyai makna yang sangat dalam menurut saya. Namun saya heran kadang musik-musik yang justru mempunyai makna yang bagus seperti ini kurang diminati oleh masyarakat pada umumnya. 

Coba perhatikan baik baik lirik lagu diatas, menjaga khususnya tentang kebersihannya sangat ditekankan. Benar-benar mengutuk manusia-manusia yang sukanya merusak daripada menjaga alam ini. 

Masa sekarang adalah masa dimana alam lebih banyak dirusak untuk kepentingan beberapa oknum maupun pihak. Maksud dari lagu yang disampaikan oleh Fiersa Besari. Kita lihat saja air air ini gitu banyak berita tentang pembabatan hutan maupun kerusakan alam lainnya yang berimbas buruk bagi daerah sekitarnya banjir longsor dan bencana bencana lain yang diakibatkan oleh keserakahan manusia demi segepok uang. 


Lihat dan nikmati musiknya DI SINI 

Laut bukan tempat sampah alam bukan tempat sampah gunung bukan tempat sampah jadikan bumi lebih indah
7. FIERSA BESARI - SEPASANG PENDAKI
Kita melangkah susuri hutan berdua melarikan diri dari penatnya kota 
Sang senja mengintip dari balik dedaunan tersipu malu sebab kau lebih elok darinya

Lagu ini mengisahkan tentang dua orang yang sedang jatuh cinta namun digambarkan dengan keindahan alam yang mereka nikmati bersama. Manis sekali sih menurut saya.

Suaranya yang halus dan musiknya yang sangat ringan seakan mengangkat kita ke momen-momen bahagia bersama orang yang terkasih atau tersayang di sekitar kita.  Tentunya ditemani aroma dan suasana alam yang memperkuat momen Indah kita. 

Memang waktu menjadi sangat berharga. Bahagia yang simple menurut saya salah satunya dengan menikmati dan menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang terkasih. Dan semuanya serasa tergambarkan dengan lirik dan musik yang cantik dari lagu ini.

Terima kasih Fiersa Besari yang telah menghias telinga telinga kita para pendengar dan menikmati musik serta para pencinta alam. We are a lover.

Di bawah bintang kita merubah saling berpandangan tak tersipu malu dan tersipu malu aku tak bisa merangkai kata namun kau tak akan membaca hatiku yang ingin mendampingi hatimu. 


Lihat dan nikmati musiknya DI SINI 

Ah sudahlah pembahasannya, sudah mulai leleh nih. Haduh benar-benar bikin berimajinasi deh ini lagu hahaha

Terimakasih 

RINI NOVITA SARI

7 komentar:

  1. Nomor 3.. Pelangi dan Matahari..

    Lagu wajib jib dah..
    Bisa seketika mengobarkan semangat travelling..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepaham mas. Hihi. Travelling jadi berasa lebih bergairah dan semangat :D

      Hapus
    2. Yep.. Dengerin intro Pelangi dan Matahari aja udah merinding.. hehe

      Hapus
  2. Langsung otw download deh mba ��

    BalasHapus