24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
8 Spot Terbaik Di Bromo Dan Wajib Dikunjungi

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

8 Spot Terbaik Di Bromo Dan Wajib Dikunjungi

Wisata gunung Bromo adalah gunung yang berada dalam kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) yang berada dalam empat wilayah Kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten PasuruanKabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi favorit warga Jawa Timur, luar Jawa bahkan wisatawan mancangara.



Gunung batok,  bromo dan semeru
Capture by : Rini Novita Sari
Have been posted on IG @rinie_noe
Bromo memang tak pernah sepi dikunjungi para wisatawan. Mereka sengaja datang untuk menghabiskan masa liburannya dengan menikmati view terbaik di Bromo. Weekdays, weekend apalagi long weekend bromo akan selalu dipenuhi oleh ratusan kelompok wisatawan. 

Bromo memang mempunyai daya tarik memukai dan kelebihan-kelebihan lain yang belum tentu didapatkan dari tempat wisata lain. Sebut saja sunrise nya yang selalu menjadi incaran utama para wisatawan yang bahkan rela berangkat dini hari untuk mendapatkannya dari Bromo. Belum lagi sunset cantiknya dan hijaunya savana serta kelok cantik dari lereng-lereng gunung batok dan Bromo.

Seteah 4 kali dalam 2 tahun main ke Bromo, berikut spot-spot terbaik Bromo yang saya rangkum dalam 8 spot terbaik di kawasan bromo yang sayang untuk dilewatkan.

1. PENANJAKAN 1

Penanjakan 1 Bromo
Capture by : @andyanraharja
Have been posted on IG @rinie_noe

Penanjakan 1 adalah spot terlaris yang dimiliki Bromo. Penanjakan 1 menawarkan pemandangan sunrise yang bisa kita nikmati sekitar mulai jam 4 pagi. View terbaik yang dimiliki bromo karena jarak pandang yang luas terhadap cakrawala didepan kita. Sinar matahari yang seakan memeluk erat kabut pagi di Bromo. Tak hanya itu, saat cuaca cerah kita bisa menyaksikan kemegahan dan keagungan gunung batok, gunung bromo dan gunung Semeru yang berderet rapi dan cantik didepan kita. Dengan balutan kabut putih yang samar-samar akan menyajikan pemandangan yang luar biasa.

Penanjakan 1 bromo
Capture by : @andyanraharja
Have been posted on IG @rinie_noe
Sunrise point di penanjakan 1 juga bisa kita gunakan untuk camping. Spot terbaik di penanjakan 1 akan kalian dapatkan jika kalian menuruni lereng yang bisa kalian temukan kalau kalian berjalan turun dari sisi bawah tower yang berdiri di penanjakan 1.

BACA JUGA:


2. PENANJAKAN 2 / SERUNI VIEW POINT
Seruni view point atau yang dikenal dengan penanjakan 2 ini berada di ketinggian yang lebih rendah daripada penanjakan 1. Namun pemandangan yang ditawarkan tak kalah keren dan memukai jika dibandingkan dengan penanjakan 1. View yang akan kita lihat jika berada di sunrise point kedua  tak jauh beda dengan penanjakan 1, yaitu kita bisa melihat deretan gunung Batok, Bromo dan Semeru yang berdiri gagah di depan sana.  Namun menurut saya sudut dan jarak pandang kita akan lebih luas saat berada sini. Alasan itu juga yang membuat saya menempatkan seruni point sebagai tempat favorit pertama saya saat saya berkunjung ke Bromo.

Penanjakan 2 atau seruni view point bromo
Capture by : @baperman
Have been posted on IG @rinie_noe
Perjalanan menuju seruni view point pun menurut saya lebih cantik karena kita bisa meihat perkebunan warga sekitar yang menaman aneka sayuran seperti kol dan lain-lain. Memang untuk menuju ke seruni view point kita harus berjuang lebih ketimbang saat kita menuju penanjaka 1. Karena kita harus berjalan cukup jauh dan kemudian menaiki sekitar 300 tangga sebelum sampai sunrise point. Eits tapi jangan sedih, saya sendiri tak ada penyesalah saat sampai diatas. Bener-bener worth it kalau kata saya

3. PADANG SAVANA


Savana bromo

Savana atau yang biasa kita sebut padang rumput savana juga merupakan salah satu spot favorit yang ada di Bromo. Di padang rumput savana ini kita bisa berfoto-foto ala anak-anak instagram yang sedang mencari bahan untuk mengisi feed mereka. Hehe. Tak jarang pula yang sengaja menjadikan tempat ini sebagai latar foto pre-wedding merek. Ecieee gitu.

Padang Savana Bromo
Have been posted on IG @rinie_noe

Savana Bromo ini membentang luas bak karpet hijau raksasa terlebih di musim hujan. Di musim kemarau akan sedikit gersang dan tidak benar-benar hijau merata. Banyak sisi dari savana ini yang bisa dijadikan latar foto kalian.

Savana bromo
Capture by : Rini Novita Sari
Have been posted on IG @rinie_noe

Jika kalian ingin menuju ke savana setelah menikmati sunrise di penanjakan 1 atau 2, maka kalian harus melakukan perjalanan 15-30 menit dengan melewati turunan yang cukup terjal. Dari penanjakan 2 ke savana ini memang tidak terlalu curam, namun berbeda jika kalian memulai perjalanan dari penanjakan 1. Jalan yang dilalui akan sangat curam, untuk itu jangan lupa cek kondisi rem dan kendaraan kalian ya. 

BACA JUGA:

4. BUKIT TELETABIES


Bukit teletabies
Capture by Rini Novita Sari
Have been posted on IG @rinie_noe
Seperti namanya, bukit teletabies adalah padang rumput yang luas yang membentang sampai menyelimuti bukit-bukit layaknya yang sering kita saksikan di serial kanak-kanak “Teletabies”. Meski tanpa Tinky Winky, Dipsy, Laa Laa, dan Po namun tempat ini tetep menarik perhatian siapa saja yang datang. Dimana lagi dijumpai dataran dengan perbukitan yang dibaluti rumput hijau dan ilalang serta tanaman hijau lain di atasnya.


Bukit teletabies
Capture by Rini Novita Sari
Have been posted on IG @rinie_noe

Untuk menuju ke bukit teletabies ini, kita bisa naik motor, mobil jeep/hardtop bahkan kuda. Bukit teletabies ini biasanya selalu masuk dalam daftar paket travel ke bromo. Pasirnya sangat dalam ya,, fyi aja. Gag semua sisi pasir menuju bukit teletabies bisa kita dilewati oleh ban kendaraan, bisa-bisa kendaraan kita selip. Terlebih jika menggunakan sepeda. Kita harus memacu motor kita dengan kecepatan mungkin sekitar 20 km/jam saja. Asik sih buat jiwa-jiwa pertualang jika merasakan sensasinya.

5. SEGARA WEDI / LAUTAN PASIR /  PASIR BERBISIK
Pasir berbisik atau yang disebut orang jawa sebagai segara wedi merupakan lautan pasir yang berada tepat di sebelah gunung Bromo. Tempat ini menjadi salah satu spot favorit para wisatawan untuk berfoto. Meskipun sangat berdebu saat musim kemarau, tapi tidak mengurangi keistimewaan dari segara wedi ini. Tampilan foto kalian akan semakin ciamik apalagi kalau kalian padukan dengan objek lain seperti hardtop/jeep misalnya. 


Pasir berbisik
Capture by Rini Novita Sari
Have been posted on IG @rinie_noe

Pemandangan pasir mungkin terdengar biasa, namun tidak dengan yang ada di Bromo. Lautan pasir di gunung Bromo sangat lah luas. Belum lagi pemandangan di sekitarnya yang super amazing pasti akan membuat kalian betah disana.

6. GUNUNG BATOK
Kawasan TNBTS atau Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah kawasan dengan view 3 gunung besar yaitu gunung Batok, gunung Bromo dan Gunung Semeru. Gunung Batok adalah gunung yang berada paling depan jika kita lihat dari spot sunrise point di bromo.

Gunung Batok di Bromo
Capture by : Fatih Haris
Have been posted on IG @rinie_noe
Gunung Batok memiliki ketinggian sekitar 2440 m. Meski tak sebesar gunung semeru yang terlihat paling belakang, namun gunung ini cukup menarik perhatian para wisatawan karena keelokan dan cantiknya liukan pada lereng-lerengnya. Meski gunung yang akan terlihat hijau saat musim penghujan dan akan gersang kecoklatan saat musim kemarau datang ini tak bisa kita naiki, kita tetap bisa mengambil foto indah dengan background gunung batok ini.

Gunung batok di bromo
Have been posted on IG @rinie_noe
Lucunya, kebanyakan orang yang belum pernah atau baru sekali datang ke Bromo akan mengira bahwa gunung ini adalah gunung Bromo. Padahal gunung Bromo yang sebenarnya adalah gunung dengan kawah terbuka yang berada tepat di belakangnya. Hehe. Hayo siapa yang salah kaprah?

7. KAWAH GUNUNG BROMO
Kawah gunung Bromo atau gunung Bromo itu sendiri adalah gunung utama di area ini. Gunung ini merupakan gunung dengan kawah terbuka yang bisa kita saksikan jika kita naik ke puncak Bromo. Untuk sampai di puncak Bromo dan melihat kawahnya kita harus menaiki ratusan tangga, atau dengan menyewa kuda yang banyak ditawarkan oleh para pemiliknya.

Gunung batok,  bromo dan semeru
Capture by : Rini Novita Sari
Have been posted on IG @rinie_noe
Gunung Bromo memiliki ketinggian yang lebih rendah sedikit dibanding gunung batok yaitu sekitar 2329 mdpl. Gunung suci ini menurut informasi dari google berdiri di area kaldera dengan diameter 8-10 km.

Dengan lekak-lekuk lerengnya yang cantik dan kemegahan Bromo itu sendiri akan membuat siapa yang datang merasa takjub dan bersyukur bisa menikmati  Maha Karya Tuhan yang terpampang nyata di depan mata kita. 

BACA JUGA:


8. PURA LUHUR POTEN
Di tengah padang pasir yang begitu luasnya dan dengan background gunung Bromo yang begitu megahnya, berdiri satu bangunan yang sakral dan religius. Bangunan tersebut adalah Pura Luhur Poten. Pura ini begitu cantik menghiasi padang pasir yang gersang dan kering saat kemarau. Pura ini adalah pura yang dijadikan tempat persembahyangan oleh umat Hindu Suku Tengger. Kabarnya pura ini berdiri sejak tahun 2000.


Pura luhur poten
Capture by : Rini Novita Sari
Have been posted on IG @rinie_noe
Saya sendiri sangat suka dengan arsitektur bangunan ini. Seakan membawa kesan manis pada kawasan gunung Bromo ini. Kita pun bisa berfoto di depan area pura ini. Please jangan rusak pura ini dengan bentuk-bentuk vandalisme apapun ya guys. Saya pribadi suka memotret foto ini justru dari kejauhan atau ketinggian dengan zoom maksimum. Seperti gambar di bawah ini. 

Gimana teman-teman, udah siap ke Bromo belum? dengan waktu yang terbatas kalian mau menuju spot-spot yang mana saja nih???

selamat berlibur yaaaa..


terimakasih suah membaca. 

Rini Novita Sari

@rinie_noe

Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

17 komentar

  1. kemaren pas ke sini nggak sempet ke Kawah Bromo sama Penanjakan eh.. hadehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemana aja mas nya? Sehari kah? Paket travel apa sendiri?

      Hapus
  2. rumahku dari bromo mungkin cuman ditempuh 2 jam perjalanan. Tapi ke bromo cuman 2 kali, dan itupun pas jaman SMU dulu, 4 tahun yang lalu. spot favorit di Bromo kalo menurutku mah semuanya. hehe, soalnya pada enak dibidik di kamera.

    BalasHapus
  3. Jatim ta kak? Enaknya dkeet cuma 2 jam.. Hihi. Emang bromo tuh kece bgt :)

    BalasHapus
  4. ih hanya bisa pengen. belum kesampean ksna. smg tahun ini bisa menyusul..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa kesampaian kesna ya mas. Hehe. Amin

      Hapus
  5. Bagus. Jdi pengen ke Bromo... (Belum ke Bromo) smg tahun ini bisa terealisasikan ������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di masukin list liburan dlu. Semoga nnti bisa kesana ya :)

      Hapus
  6. Mantep emang ya mba di bromo, tapi pas saya ke bromo cuma ke gunung bromonya sama bukit teletabis, karna cuma itu yang waktu itu saya tahu, hehe
    Eh malah ada yang lain juga ya mba, bisa jadi referensi kalo kapan" kesana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya masih banyak yang bisa dijelajahi di bromo.. Kapan2 dicoba kalau kesana lagi mas. Keren banget soalnya. Hehe

      Hapus
  7. dan saya belum pernah ke bromo euy..

    *ngapain aja selama ini??*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi. Segera diagendakan mbak :) gag akan kecewa sama bromo. Hehe

      Hapus
  8. Alhamdulillah.. 3-8 syudah.. hehe
    Pasir berbisik atau lautan pasir nggak masuk kah..?

    BalasHapus
  9. penasaran dengan pura luhur poten. semoga bisa kesana tahun depan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post