Kamis, 22 Februari 2018

Jogja adalah tempat dengan destinasi wisata yang berlimpah ruah. Hampir seluruh sudut Jogja mempunyai potensi yang mengundang para wisatawan tertarik kesana, tak terkecuali saya. Bahkan gang dan jalan kecil atau pingggiran jalan Jogja bisa jadi tempat yang dituju oleh para wisatawan.


candi ijo jogja, sunset terbaik di jogja

Jogja memang selalu istimewa, wisata baik alam maupun perkotaan, serta oleh-oleh khas yang beragam akan melengkapi waktu liburan semua wisatawan. Belum lagi adat dan budaynya yang kental yang selalu membuat Jogja mempunyai hawa dan suasana yang berbeda dengan kota-kota besar lain di Indonesia.

Liburan kemarin saat saya ke jogja saya mencari referensi dan rekomendasi tempat wisata yang lumayan baru, kemudian munculah satu nama yang membuat saya sedikit penasaran. Apa itu?? yaaaa,,, CANDI IJO. Namanya benar-benar asing, belum pernah saya dengar sebelumnya. Biasanya jika berbicara candi di Jogja maka yang terlintas adalah candi prambanan dan candi ratu boko. Lalu apa ini? CANDI IJO?

candi ijo jogja, sunset terbaik di jogja

Kata adik saya, CANDI IJO merupakan sunset point atau spot sunset yang sudah lumayan populer di Jogja. Meskipun namanya belum termahsyur seperti nama candi prambanan, ternyata candi kecil ini punya satu kelebihan yang tidak bisa kita dapatkan di candi prambanan. Kelebihan tersebut adalah karena candi ijo terletak di dataran tinggi dan darinya bisa kita nikmati sunset yang cantik dan menawan. Gag banyak loh candi yang bisa dinikmati bersama sunset.

Siapa sih yang gag suka sunset? Waktu tersyahdu setelah waktu subuh dan sunrise. Benarkan? Kilau cahaya jingga yang memerah dari ujung cakrawala selalu menimbulkan rasa tenang dan syahdu bagi penikmatnya. Kilauan warna yang makin kuat sebelum bumi menggelap. Gag aneh rasanya jika sunset memang salah satu incaran para wisatawan dimanapun.

Yuk, kita bahas langsung lebih lengkap tentang CANDI IJO.
Candi ijo merupakan sebuah candi bercorak hindu yang letaknya tak jauh dari tempat wisata ‘tebing breksi’ yang lagi hits itu.

LOKASI CANDI IJO
Candi ini berada di dataran tinggi atau bukit yang bisa dikenal dengan nama GUMUK IJO yang merupakan bagian dari Perbukitan Batur Agung. Lokasi candi ijo ini adalah di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman (bisa langsung ketik CANDI IJO di Googke maps ya). Ketinggiannya sekitar 425 mdpl.

AKSES JALAN
Jalannya sih sudah seluruhnya beraspal dari pusat kita Jogja sampai lokasi. Bisa ditempuh dengan motor, mobil, bahkan bis sekalipun. Namun hati-hati ya, mungkin gag semua mobil bisa nanjak nanjak lincah gituu. Saya berangkat jadi sekitaran UMY (bukan tengah kota) menempuh perjalanan sekitar 1 jam an. 

TIKET MASUK
Untuk bisa masuk ke kawasan candi ijo yang tak terlalu luas ini, kita hanya harus membayar Rp5000,- untuk dewasa dan Rp3000,- untuk anak-anak. Murah sekali bukan?


candi ijo jogja, sunset terbaik di jogja

VIEW
Apa yang bisa dinikmati dari destinasi wisata yang tiket masuknya saja bahkan hanya Rp5000,-? Eits, jangan cemas, meski hanya membayar murah namun banyak yang bisa kita dapatkan disini.

Seperti namanya, CANDI IJO ini benar-benar lekat dengan kata hijau. Sepintas melihat kawasan candi memang benar-benar hijau. Masuk lebih dalam ke area candi berdiri warna hijkau akan semakin memanjakan mata. Belum lagi rumputnya yang tumbuh dengan baik dan terawat rapi, membuat setiap pengunjung ingin bersantai-santai duduk diatasnya.

candi ijo jogja, sunset terbaik di jogja

Dari loket pintu masuk ke area candi utama tak terlalu jauh karena memang luas area nya yang tak sebesar prambanan yaitu hanya sekitar 0.8 hektar (kata google, saya gag bawa meteran buat ngukur. hehe). Kita hanya perlu jalan sebentar kemudian menaiki anak tangga dengan tinggi sekitar 3 atau 4 meter untuk sampai ke area candi.

candi ijo jogja, sunset terbaik di jogja

candi ijo jogja, sunset terbaik di jogja

Ada 3 candi yang tegak berdiri di depan candi utama (wah kayak patih ngawal raja yaaa... hehehe). Candi utama terletak di belakang sendiri dengan ukuran yang paling besar. Dari candi utama ini jika kalian berdiri menghadap ke candi kecil didepannya maka sekaligus kalian akan melihat sunset yang menyeruak diantara kedua candi kecil didepannya. Like this!


candi ijo jogja, sunset terbaik di jogja

candi ijo jogja

candi ijo jogja


Dari atas area candi ini kita bisa menikmati pemandangan yang hijau dan persawahan serta view kota Jogja dari ketinggian. Benar-benar worth it kalau kata saya. Satu lagi pemandangan yang bisa kita nikmati dari atas sini adalah aktivitas Bandara Adi Sucipto dari kejauhan.

CANDI IJO BANYAK SPOT FOTO FAVORIT, COCOK UNTUK PENGGEMAR FOTOGRAFI
Jika beruntung kita akan bisa menikmati sunset dari sini. Yaa, beruntung dari sini maksud saya adalah timing dan cuaca yang tepat. Karena telat datang kesini (terlalu sore) atau saat cuaca mendung apalagi hujan maka kita akan gigit jari tak bisa menikmati indahnya sunset.


candi ijo jogja, sunset terbaik di jogja

Tak heran banyak pengunjung yang datang kesini di sore hari untuk mengejar sunset. Di weekend atau long weekend kalian harus sedikit bersabar untuk mendapat foto terbaik (bocor dimana mana bokkk karena ramai). tak seidkit fotografer amatir bahkan profesional yang menjadikan lokasi ini sebagai studio alam mereka. Mungkin jika saya orang jogja saya akan lebih milih kesini saat weekdays :D pasti lebih lega fotonya. haha


candi ijo jogja, sunset terbaik di jogja

Jadi yang pengen nambah feed instagram pakai foto kece kayak yang saya pamerin kali ini (ceelah) segera agendakan deh jadwal liburan kalian. Hehe

PESAN UNTUK SEMUA TRAVELLER YANG BAKAL KE CANDI IJO
Selain saya berpesan tentang manajemen waktu ( ??? ) yang baik saat sampai di lokasi, saya juga berpesan buat semua yang hendak kesini. Plisssss,,, jangan buang sampah sembarangan ya. Tempat ini udah cantik banget sumpah, jangan sampai deh dikotori sama tisu-tisu atau tusuk pentol bakar yang kalian makan hasil beli dari luar gerbang candi ijo. Pffffff.

Udah deh, sekian dulu ceritanya. Hehe. Masih banyak cerita tentang liburan di Jogja kemarin. Nanti deh nyicil satu satu :D.

See u next story...

Rini Novita Sari
@rinie_noe

11 comments:

  1. Wow indahnya ^_^
    Saya sering ke jogja cuma gak mampir ke candi ijo karna belum tahu juga, hehe
    Lain kali kalo ke jogja sempatin mampir nih :D

    BalasHapus
  2. Dulu pas belum rame gratis hlo...

    Kalo kesini pas musim kemarau kemungkinan dapet sunset tu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya dulu gratis? Skrg juga murah kok masuknya..

      Bagus pasti oas kemarau gag takut kenalan mendung ato ujan buat sunset an ya

      Hapus
    2. Iya sih, tapi tetep aja nggak gratis lagi.. hehe
      Semoga aja gak naik harga tiketnya meski semakin rame..

      Yup benar.. Pas cuaca kemungkinan cerah..

      Hapus
  3. wahh indah ya candi yang satu ini cuma blom terkenal wkwk. Thanks infonya ya

    BalasHapus
  4. Pernah beberapa kali di YK tapi teman2 gak pernah cerita ada tempat yang keren untuk menikmati sunset seperti ini.
    Trims infonya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas sepertinya masih kurang populer. Pdhal ini satu jalan dan tinggal lurus dari tebing breksi yang terkenal itu di YK

      Hapus
  5. Lagi lagi sampah yg jd msalah di tempat pariwisata.. hfuh.. eh leh uga tempatnya.. tp emnk lebih bagus pas sunset sih klihatannya.. harus di agendakan nih.. hihihi. nice share..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas sedih masih ada yang buang sampah sembarangan. bikin bete lihatnyaa.. sama2 mas. patut dicoba kok..

      Hapus

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes