Ini Dia Situs-Situs Lowongan Kerja Terlaris Di Indonesia


Mendapat pekerjaan adalah impian semua orang yang ingin mengaplikasikan ilmu uang sudah didapatkan. Misalnya mahasiswa yang baru saja menyelesaikan masa studinya.

Konon katanya, masih menjadi PR di Indonesia kalau angka pengangguran tinggi dikarenakan lowongan kerja yang terbatas untuk para lulusan S1 dan D3. Tak sedikit malah yang berakhir menjadi pengangguran untuk jangka waktu yang gak bisa dipastikan.  Hmmm. Beneran karena lowongan kerja sedikit ya? Di situs online ada banyak sekali lowongan loh, segala bidang. Intinya semua harus melewati proses seleksi. Harus berani bersaing memang untuk mendapat pekerjaan.
source: http://www.assignmentpoint.com/business/sample-cv-writing.html


Benar memang, mempunyai tittle D3 atau S1 tidak menjamin seseorang akan dengan sangat mudah mendapat pekerjaan. Meskipun saya meyakini benar bahwa gelar tersebut adalah pintu gerbang menuju dunia kerja yang sebenarnya. Semua kembali ke usaha dan upaya masing-masing individu, meski terkadang faktor keberuntungan juga mepunyai peran yang besar. Tapi inget, ngandalin faktor keberuntungan tanpa usaha sama aja melakukan hal yang sia-sia. Wasting time.

Hal pertama yang harus dilakuan oleh seorang jobseeker adalah memastikan dirinya layak untuk direkrut oleh sebuah perusahaan (misalnya). Bagaimana untuk menjadi layak? Yaitu dengan mengembangkan kemampuan diri, jangan malas belajar dan mencari tahu hal-hal yang bisa meningkatkan kualitas pribadi.

Kemudian saat tahap pertama diatas terpenuhi, apa yang hendaknya dilakukan oleh para pencari kerja? Yap. Pastinya mulai menyebar cv atau lamaran ke perusahaan perusahaan tersebut.

Ada banyak cara untuk mencari info tentang lowongan kerja. Informasi bisa didapatkan dari manapun, bisa dari mulut ke mulut, atau media baik offline maupun online. Cara untuk apply CV pun beragam. Bisa offline, online, atau langsung email ke HRD perusahaan.

BACA JUGA: Pemakaian Jilbab Dilarang Di Kantor!
BACA JUGA: Jenis-Jenis Lowongan Pekerjaan Yang Tersedia Untuk Semua Jurusan 

Sebar CV itu gratis, jadi sebenernya gag ada alasan untuk malas menyebar CV, modal kuota doang. Toh ya untuk kepentingan diri sendiri. Pengalaman pribadi, saat saya mencari pekerjaan via online saya akan menyebar CV sebanyak banyaknya ke perusahaan yang membuka lowongan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan klasifikasi dan kriteria saya. Setidaknya hal tersebut memperbesar peluang saya untuk dipanggil tes dan interview oleh beberapa perusahaan diantaranya. 

Berikut saya tuliskan beberapa situs lowongan kerja terlaris dan terfavorit di Indonesia yang pernah saya gunakan:

1. JOBSREET
Ini adalah salah satu situs lowongan kerja terbesar dan terpopuler menurut saya. Setiap terpikir untuk mencari kerja pasti situs pertama yang diingat adalah jobstreet. Dan memang banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan pekerjaannya melalui situs ini.

Bermacam-macam pekerjaan dalam segala bidang ada disini. Kita bisa menentukan kualifikasi dan kriteria seperti apa saja yang kita inginkan dari pekerjaan kita dimasa depan. 

Kelebihan lain dari situs ini adalah kita bisa mengisi range gaji yang kita inginkan. Sehingga saat perusahan yang bersedia memberikan gaji sesuai range kita, kita akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan.

Oh iya, jangan lupa untuk berlanggnan lewat email, karena setiap ada lowongan baru dibuka sesuai kriteria kita, kita akan segera mendapatkan infonya dan bisa segera apply CV kita.

2. KARIR
Menurut beberapa info, karir.com adalah situs lokal pertama yang menyediakan informasi tentang lowongan pekerjaan. Kantor pusat karir.com ada di Jakarta. Sama profesionalnya dengan jobstreet dan indeed, karir.com juga akan memberikan notifikasi atau pemberitahuan saat ada lowongan yang sesuai pencarian kita via email.

3. INDEED
Ada yang berbeda dari indeed.com jika dibandingkan dengan situs lowongan kerja yang lain, yaitu tampilannya yang simple ala search engine GOOGLE. Hal ini sedikit memudahkan para jobseeker yang ingin mendapatkan informasi tentang lowongan kerja.

Situs ini juga laris diminati oleh jobseeker Indonesia. Sama seperti jobstreet, situs ini juga bisa memberi notifikasi via email tentang lowongan yang sedang tersedia dan sesuai kriteria kita. Minusnya adalah situs ini tidak bisa menentukan range gaji yang kita inginkan dan kebanyakan lowongan tidak mencantumkan kisaran gaji yang akan kita dapat. Entah ini saya yang tidak tau letak informasinya atau gimana ya. Mohon koreksi kalau salah.

4. JOBSDB
Berbeda dengan situs yang lain diatas, JOBSDB.COM lebih difokuskan untuk menyediakan informasi pekerjaan yang terkait dengan PNS (Pegawai Negeri Sipil?

5. JOBSID
Sama halnya dengan jostreet, indeed dan karir.com, situs ini juga salah satu situs yang saya coba untuk mencari pekerjaan kala itu. Situs ini juga menyediakan lowongan dalam segala bidang dan dapat disesuaikan dengan kualifikasi setiap individu yang melamar.

Nah guys, tulisan diatas adalah berdasarkan apa yang biasanya saya gunakan saat mencari pekerjaan. Mungkin kalian ada informasi lowongan pekerjaan yang lebih banyak kegunaan dan manfaatnya selain diatas, silahkan ditambahi di kolom komentar.

Kalau ditanya yang mana yang favorit saya pun bingung, karena saya keterima di pekerjaan yang sekarangpun saya gag tau itu dari situs yang mana. Terkadang satu perusahaan menyebar satu lowongan di beberapa situs. Tapi kalau harus bilang yang terbaik saya pikir jobstreet punya banyak kelebihan dan kemudahan saat mencari lwoongan pekerjaan. Terlebih kita bisa memilih range gaji yang kita inginkan. Nilai plus sih. Yang lain bisa gitu gag sih, kali kali saya saja yang kurang detail lihat kelebihan situs lain. hehe

Saran saya saat niat mencari kerja online sign in dan berlangganan lewat email lah di situs tersebut. Agar tidak ketinggal update-annya. Dan jangan lupa berhati-hati dengan lowongan-lowongan yang kurang masuk akal. Lowongan kerja yang benar adalah yang tidak memungut biaya satu perak pun dari pelamanya.

Sukses buat kita semua. Semoga yang sedang dalam tahap mencari kerja akan segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan (terlebih kebutuhan). dan yang sudah bekerja semoga semakin semangat dalam bekerja. Byeeee guyssss...

@rinie_noe  

11 komentar:

  1. Kalo saya sendiri tidak tertarik dengan situs situs itu... soalnya lagi ngembangin lapangan usaha sendiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren tuh ipian semua orang buat buka usaha sendiri. Butuh keberanian juga mas. Salut. Hehe.

      Iya tulisan ini buat yang mau cari cari kerja seperti di perusahaan dsb gtu. Sedih yam mental karyawan mas.

      Hapus
  2. Mbak rini orang malangkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang jawa tengah yang tinggal di surabaya hehe. Tetanggan sama malang. Orang malang kah?

      Hapus
  3. kalau saya sih yang bikin lowongan mba..... wkwkwkwk BTW nice info

    jangan lupa mampir www.kecoakupdate.com

    Salam kenal mba Rini, Sukses selalu buat blog nya

    BalasHapus
  4. Wah keren nih udah bisa nggaji orang..

    Makssih sudah mampir mas. Siap meluncur

    BalasHapus
  5. saya kepengen juga sih suatu saat bisa kerja sesuai dengan hobi saya, jadi 5 refrensi situs pencari kerja ini bisa dijadikan pilihan, kalau bisa cari kerjaan yang di homebase, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah harapan semua org kayaknya tuh ya mas kerja sesuai hobbi.. :) apalagi yg deket rumah duh ayem banget. Btw sukses terus mas

      Hapus
  6. Referensi baru nih buat pengangguran seperti saya,
    Selain mencari di duta juga harus juga berusaha mencari di dumay ya mba lewat situs" di atas :D

    BalasHapus