Sabtu, 01 Desember 2018

Kebun buah mangunan, namanya sudah tak asing lagi ditelinga para traveller dan pecinta alam bahkan orang awam. Namanya sudah terkenal sejak beberapa tahun silam. Postingan foto tentang kebun buah mangunan juga ramai di share hampir di seluruh social media anak muda jaman sekarang.
Puncak Kebun Buah Mangunan

Tak aneh kalau kebun buah mangunan ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan dari daerah Jogja sendiri, luar Jogja bahkan para wisatawan dari luar negeri. Hal ini dikarenakan ke eksotisme-an kebun teh mangunan yang mempunyai spot-spot terbaik untuk menikmati pemandangan dan keindahan Jogja dari ketinggian.

Dari ratusan destinasi wisata yang ada di Jogja, rasanya Kebun Buah mangunan ini pantas ditempatkan di jejeran depan destinasi wisata favorit karena menyuguhkan banyak hal yang tidak bisa ditemui para wisatawan di banyak tempat wisata lain.

ADA APA DI KEBUN BUAH MANGUNAN? APA YANG SPESIAL DI KEBUN BUAH MANGUNAN INI?

Pemandangan yang super amazing akan menghiasi feed-feed instagram kamu setelah kamu mengunjungi tempat ini. Foto dengan background sungai yang berkelak kelok dengan airnya yang kecoklatan diantara hijaunya sawah dan hutan-hutan benar-benar menyegarkan mata siapa saja yang memandang, termasuk saya.

Puncak Kebun Buah Mangunan kabut pagi

Kalau kamu datang di waktu terbaik misal pagi hari, kalian akan beruntung menyaksikan kabut-kabut pagi yang tebal dan menutup pemandangan dibawahnya. Detik demi detik, menit demi menit berlalu, perlahan kabut akan mulai menghilang seiring cahaya matahari yang makin terang dan matahari yang meninggi kemudian terbukalah pemandangan hijau didepan mata.

Puncak Kebun Buah Mangunan kabut pagi

Hawa dingin yang tak berlebihan cukup menyeimbangi langkah kaki yang menyelusuri tanjakan dan turunan sebelum sampai ke Puncak kebun buah mangunan. Tenang saja,  lelah? Gag terlalu kok karena tanjakan dan turunan tangganya pun tak terlalu banyak. Untuk perbandingan , masih jauh lebih lelah saat kita menaikin dan menuruni tangga di penanjakan 1 bromo, Jawa Timur  loh.

jalan setapak Puncak Kebun Buah Mangunan

Kali kedua saya kesini ternyata banyak yang berubah. Sekitar 3 tahun lalu saya ke kebun buah mangunan ini hanya ada 1 gardu pandang yang memang kalau diperhatikan simillar atau serupa dengan gardu pandang di sunrise point penanjakan 1 bromo. Namun sekarang sudah ada tambahan 1 gardu pandang lagi yang nampaknya memang baru selesai digarap pengelola setempat.

Puncak Kebun Buah Mangunan
Puncak Kebun Buah Mangunan 2015

Puncak Kebun Buah Mangunan
Puncak Kebun Buah Mangunan 2015

Gardu pandang kedua berada disisi lebih rendah dari gardu pandang pertama namun tetap bersebelahan. Bagus sih ini karena saat hanya ada 1 gardu pandang space nya jadi sempit sekali untuk para pengunjung bersantai atau berfoto-foto. Sekarang lebih luas. Bahkan banyak didirikan gazebo-gazebo kecil. Asik deh.

LOKASI DAN AKSES JALAN
Kebun buah mangunan ini terletak di gugusan pegunungan Imogiri, yaitu tepatnya di Mangunan, kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Jogjakarta. Berjarak 15km dari kabupaten Bantul dan sekitar 35km dari pusat kota Jogja.  

Untuk bisa sampai ke kebun buah mangunan ini tidaklah sulit. Meski jalanan berkelok naik turun namun jalan sudah beraspal halus. Meski begitu tetap perhatikan kondisi kendaraan kalian saat mau main kesini ya. 

Rutenya dari terminal Giwangan lurus saja ke Selatan dan ikuti papan penunjuk jalan atau arah saja. Lebih mudahnya langsung deh buka gmaps.  Hehe

HARGA TIKET MASUK
Untuk menikmati area kebun buah mangunan yang luas ini kita cukup membayar tiket masuk Rp5000,- aja loh. Murah banget bukan? 

FASILITAS 
Jangan khawatir ya guys, banyak kamar mandi tersedia disini. Warung-warung yang menjajakan makanan dari makanan berat sampai cemilan seperti pentol bakar atau jagung bakar juga banyak berjejer rapi loh. Gag khawatir bakal kelaparan kan. Hehe

Puncak Kebun Buah Mangunan

Udah deh sekian dulu cerita-ceritanya. Ah jogja memang selalu spesial dengan semua yang ada didalamnya.  

Next main kemana yaaa.. Hihi

Puncak Kebun Buah Mangunan

Terimakasih sudah membaca.  

Rini Novita Sari
@rinie_noe















15 comments:

  1. Deket rumah saya itu mbak ��
    [Cahya T]

    BalasHapus
  2. Jadi kepengin sekali berkunjung ke sana. Mbak rini bisa jadi pemandunya gak? Sapa tahu ada rejeki bisa kesana jalan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau timingnya pas mah hayuk aja hayukk. Haha

      Hapus
  3. Pemandangannya gak nahan banget, apalagi lihat awan2 putihnya.

    BalasHapus
  4. Cantik yaa tempatnya! Sering lihat foto tempat ini di instagram, suka bangeeet deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cantik banget emang mbak tempatnya :) main mbak kesana.. Hehe

      Hapus
  5. wah bisa melihat awan secara dekat ya mbak...... eh btw ini templatenya mirip sama punyaku ya mbak.... kunjungi juga ya #jejakbiru

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya mbak template nya kita kembaran, hahaha maklum gratisan mbakk

      Hapus

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes