Senin, 12 Februari 2018





Menjadi lebih dekat dengan alam adalah salah satu cara untuk lebih menghargai ciptaan Tuhan. Dan berwisata atau liburan ke alam adalah salah satu cara untuk menghargai diri sendiri dengan mengistirahatkan sejenak dari penat dan aktivitas sehari-hari. Aku tidak pernah lupa mengagendakan untuk berpergian ke tempat-tempat bernuansa alam. Aktivitas keseharian yang sudah cukup menguras tenaga aku imbangi dengan mencari hiburan atau liburan.

Agenda liburan kali ini kebetulan bertepatan dengan libur tahun baru. Long weekend euyy. Karena long weekend natal kemarin aku udah pulang mengunjungi orang tua di kampung halaman, jadi dengan adil aku memutuskan untuk berlibur di libur tahun baru ini. Kebetulan kantorku libur 4 hari saat tahun baru. Meski begitu aku cuma menggunakan waktu 3 hari 2 malam untuk berlibur. Sisanya aku gunakan untuk "ongkang-ongkang" bersantai di kos an karena esoknya sudah mulai bergelut dengan banyak dokumen lagi.

Dari dulu udah kepengen banget ngrasain yang namanya kemah di tepi pantai. Aku anak pantai. Lahir di desa dekat pantai, tetapi terakhir camp di pantai jaman SD ikut lomba pramuka. Wkwkw. Ya Tuhan. Kasian. 

Akhirnya long weekend kemaren punya kesempatan kesana setelah sekian perdebatan karena si doi yang sebenernya lebih pengen naik gunung. Tapi berhubung aku nya mikir banyak hal dan lagi desember cuaca lagi gag jelas gimana gitu. Yaudah lah dia ngalah mau ke pantai. Alhamdulillah. Hehe

Malang. Yap. Kita camp ke pantai malang. Malang seperti kota yang diberkati Tuhan karena punya rangkaian pantai selatan yang benar-benar cantik.


H-sekian hari kita masih gag tau mau nge camp dipantai mana. Sampai hari H kita berangkat kita mutusin ke pantai tiga warna. Eh no no. Gag masuk tiga warna karena kita gag reservasi. Tapi ke pantai sebelum tiga warna. Apa ya namanya lupa (maklum usia). Hmmmm hmmm hmmmm. Ah iya. Pantai clungup.

Sampailah kita area dekat pantai, karena google maps mati,  kita mutusin tanya jalan ke bapak-bapak yang nampaknya sedang asik menikmati kopinya dibangku kayu yang ada didepan warung kecil. But what? Kata bapak dan ibu penjualnya pantai 3 warna dan komplek pantai di area nya sedang di tutup sampai 1 bulanan karena sedang dalam masa rehabilitasi dan perawatan biota laut (yaap, karena tiga warna berada dilingkungan konservasi yang dilingdungi). 

Dan ditengah kebingungan kita mendengarkan bapaknya yang mulai bercerita ngalor ngidul keluar konteks pertanyaan kita, alhamdulilah masih ada hal yang bisa kita ambil. Haha. Apa hayo? Yap, bapaknya bercerita kalau dia itu orang asli sana tapi jarang ke pantai, bukan berarti gag pernah sih. Dan dengan meyakinkan si Bapak bilang kalau selama dia hidup cuma beberapa pantai yang menurut dia berkesan untuk dikunjungi yaitu goa china, tiga warna dan pantai ngudel. 

Goa china kita sudah pernah kesana. Tiga warna nihil. And what? Pardon? Ngudel? Apaan tuh? Namanya aja kita gag pernah dengar loh. Selama kita cari info di google pun jarang tuh yang nyebutin atau rekomendasiin nama pantai itu. 

Singkat cerita kita mutusin buat liat dulu ngudel seperti apa. Kalau oke ya kita camp disana. Kalau biasa aja kita balik ke goa china. Enaknya karena semua pantainya searah. Banyak banget pantai yang kita lewati dan ramai banget karena emang destinasi favorit buat menghabiskan waktu di long weekend. Dan kita terkejut saat sampai sana. Sepiiii bangett... And thats what we're looking for. 

Next, langsung aja aku bahas tentang apa yang ada dan bisa dinikmatin di PANTAI NGUDEL MALANG ya.. 



LOKASI

Sindurejo, Gedangan, Kabupaten Malang, Jatim, Indonesia, 65178

RUTE

Aku kurang pinter mendeskripsikan rute perjalanan karena kita juga bermodalkan gmaps dan papan papan hijau penunjuk arah di pinggir jalan. 

Kurang lebih 60km dari kota malang. Enaknya sekarang kalau ke pantai selatan adalah jalur selatan malang yang sudah rampung dikerjakan. Jadi jalan udah mulus banget. Gag kayak jaman dulu ke goa china rasanya jalannya kok masih belum mulus gini. 

Untuk sampai ke pantai Ngudel jalan sudah beraspal sampai pintu masuk atau pintu gerbang pantai yang ada di tepi jalan raya. Saat masuk gerbang akan bertemu jalan aspal kecil kemudian jalan makadam atau tanah sebentar sampai akhirnya sampai di loket pantai Ngudel.

Aku sarankan saat mau ke pantai selatan malang seperti pantai ngudel ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi saja. Motor atau mobil MPV dan SUV. Hati-hati untuk city car takutnya gag kuat nanjak. Ada beberapa jalan tanjakan soalnya. Gag ada transportasi umum apalagi transportasi online disini (pliss deh rini)


VIEW

Pantau ngudel merupakan pantai yang berada atau termasuk dalam pantai selatan atau samudera hindia. Jadi jangan heran kalau kalian bakal terkesima dengan ombak nya yang besar, tinggi, dan bergemuruh tanpa henti. 



Hati-hati saat kalian akan berencana mandi dan main air laut. Karena ombaknya bisa menarik anda sewaktu-waktu. Akan ada beberapa titik yang dilarang digunakan untuk bermain. Tim SAR yang merupakan warga sekitar pun berjaga 24 jam di tempat ini. 

Kabar baiknya, kita bisa main dan mandi di air laut bak berenang di kolam renang di sisi timur pantai (dekat karang). Seru banget main air di sisi ini. Sensasi bertabrakan dan di lempar oleh ombak ke bibir pantai benar-benar bikin kami ketagihan. Hihi

Sebelum kita masuk ke area pasir pantai kita akan disuguhi kumpulan pohon pinus yang tertanam rapi di depan warung-warung yang menjajakan makanan. Teduhnya pohon pinus bener-bener enak sekali dinikmati untuk menghindar dari teriknya matahari siang di bibir pantai. Area pinus ini bisa digunakan untuk parkir mobil dan juga bisa dijunakan untuk area camping. 



Sebenernya nggak ada aturan yang mengatur area camp harus dimana. Hanya ada himbauan untuk jangan terlalu dekat di bibir pantai terutama di aliran yang bisa terkena air laut saat pasang disore hari. 

Spot camping ku kemarin adalah tepat di dekat bibir pantai (area masih aman). Tenda yang kami dirikan kami atur agar menghadap ke pantai. Bayangkan. Bangun tidur, buka tenda, pemandangannya ombak air laut yang lagi kejar-kejaran. Beuuhhhhh... Love it. 


Seperti goa china, pasir di pantai ngundel punya tekstur pasir yang asik dan unik. Yaitu butirannya yang putih kecoklatan dan besar walaupun tak sebesar pasir di pantai seger Lombok) sehingga mudah dibersihkan saat menempel di kulit 

BACA JUGA : Keindahan Pantai-Pantai Di Lombok Yang Bikin Gak Bisa Move On. CEK! 

Disisi-sisi dekat bibir pantai disedikan gazebo gazebo kecil yang bisa digunakan pengunjung untuk berteduh saat matahari sedang terik-teriknya.

APA YANG SPESIAL DI PANTAI NGUDEL SAAT TAHUN BARU (PERGANTIAN TAHUN)

CAMPING MASSAL
Satu lagi yang gak kami ketahui dari pantai ini adalah meskipun pantai ini terbilang sepi dan baru, rupanya sudah beberapa tahun terakhir pantai ini digunakan oleh para pecinta alam untuk camping dan melewati malam tahun baru bersama alam dan kawan-kawan.

Kami dikagetkan dengan kumpulan pecinta alam yang satu persatu datang dan mendirikan tenda disekitar kami. Nampaknya benar kata si Ibu penjual di warung tempat kami makan. Semakin malam akan semakin banyak pengunjung dan bibir pantai akan dipenuhi puluhan bahkan ratusan tenda. Kagum.



KEMBANG API DARI ATAS BUKIT
Sekali lagi ini benar-benar bonus yang gak kami sangka-sangka. Seperti pantai malang selatan lainnya rupanya pantai ngudel juga melakukan celebration pergantian tahun dengan menyalakan kembang api untuk menambah kemeriahan.

Yang unik di pantai sini adalah kembang api disediakan oleh panitia atau pengurus desa setempat demi menghibur pengunjung pantai. Satu lagi yang spesial, kembang api dinyalakan dan diledakan dari atas bukit, sehingga kami pengunjung yang besada di pinggiran pantai dibawahnga akan dengan santai menikmati kemilau cahayanya dari atas. 

Tak hanya itu saja, dari pantai ngudel ini pun kita bisa menikmati kembang api yang seakan gag mau berhenti meletup dari pantai balekambang yang letaknya beberapa kilometer dari pantai ngudel. Bener-bener bonus yang luar biasa sekali.

FASILITAS

Fasilitas adalah hal yang gag dipungkiri sangat penting ditempat alam seperti ini. Ga usah bayangin ada fasilitas wifi atau kamar ber ac kayak dikota deh. Udah ada kamar mandi aja udah untung. Wkwkw. Disini cuma berdiri beberapa rumah (maybe gag ada 10) hal ini dikarenakan akses nya dan kondisi listrik yang belum sampai ke daerah ini. Tapi jangan khawatir. Setiap rumah udah disertai genset. 

Kabar buruknya adalah karena listriknya terbatas, kalian gag bisa numpang nge cas gadget di semua rumah. Haha. Jangan malu bertanya, karena beberapa rumah bersedia dititipi gadget untuk di charge. hehe

Dan kabar gembiranya adalah, kamar mandi yang disediakan oleh setiap rumah dan disewakan itu bener bener bersihhhhhhh bangettt. Duh... The best. Aku itu orang yang paling males mandi di tempat umum karena was was sama kondisinya. Sad. But pas nengok kamar mandi disalah satu rumah disana. Wawww. Kayak kamar mandi di rumah rumah perkotaan. Tembok lantai keramik, ukuran besar. hmm. Bahagia kalau liburan gini. Diluar ekspektasi untuk sebuah kamar mandi pinggir pantai sih. 

Mushola memang gag ada disini tapi disediakan tempat sholat di rumah-rumah sekaligus warung tersebut.

TIKET MASUK

Cukup terjangkau bahkan murah menurut saya hanya sekitar Rp15.000 per orang. Dengan keamanan yang menurutku baik. Kalau datang berkelompok mungkin lebih murah ya. Untuk nge camp dikenakan biaya 3000 sehari/orang. Murah banget lah.


PLUS

MANDI AIR LAUT
Bisa main diair laut dan air tawar. Jadi ada sisi seperti tambak atau kolam air tawar yang ada di sisi depan timur pantai. Bisa asik main-main di air tawar kalau bosen sama air asinnya atau mulai pusing karena nelem banyak air asin pas mandi mandian (pengalaman) hihi





Yeaayyyyyy. SUNSET 
Hal yang mengejutkan dan diluar ekspektasi buatku. Kami benar-benar gag tau tentang pantai ini sebelumnya bahkan dari google sekalipun. But what? Saat kami makan siang di warung salah satu ibu baik hati disana, si Ibu bilang.

"Habis ini sunsetan mbak bentar lagi.".





Dan tercengang dong kita. Kenapa? Karena gag semua pantai di Malang punya posisi enak buat dapet sunset di sore hari. Kebanyakan tertutup tebing atau karang. Tuh kan banyak bonusnya main kesini.

Ya Tuhan beruntungnya kita. Buta tentang pantai yang kami singgahi ini tapi tetep dapet bonus liat sunset. Amazing. Semoga saat kalian kesini kalian beruntung dapet sunset saat langit cerah ya. Karena 2 malam kami disini kami hanya dapet sunset hari pertama. Hari kedua nihil karena langit mendung banget. 

MAKANAN GAMPANG DICARI
Kami memang bawa perbekalan air mineral, jajan dan juga mie instan (males masak nasi) yang kami planning untuk makan 2 hari karena kita gag berekpekstasi disana bakal ada warung. Eh ternyata ada beberapa warung yang menjual nasi dan lauk serta sayur mayurnya. Beruntung lagi kitee,,, hehe

Dan hebatnya adalah harganya yang gag dinaikan dengan tidak wajar. Kan biasanya ditempat wisata gini harga makanan naik ga karuan ya (karena akses jalan susah biasanya). eh tapi disini enggak loh. Wajar dan malah murah menurut kita. Seperti harga di tempat biasa pada umumnya.

Yang paling favorit adalah warganya yang ramah-ramah banget. Sukaaakkkkk dehhhh. Kita banyak ngobrol sama pemilik warung dan orang sekitar saat main ke warung atau saat mau mandi. Asik orang-orangnya.

KEKURANGAN
Sinyal bokkkk. Ga ada sinyal internet sama sekali. Sinyal telp dan sms aja hanya bisa dengan simpati. Mending fokus buat nikmatin alam yah daripada sibuk ribet sama gadget. :)

Listrik minim. Sudah dibahas diatas. Diirit ya baterai gadgetnya. Hehe.

Sekian dulu ya sharing pantai ngudel nya. Sampai jumpa di liburan-liburan selanjutnya. Eh iyaaa, weekend ini kita mau ke Jogja. Heeeeemmmmm mau kemana aja ya kita. Hehe....

ARTIKEL TERKAIT:
@rinie_noe
               

11 comments:

  1. percuma jalan" kalo temennya ga diajakin :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa ya kok kayak kenal. Wkwkw.
      Percuma diajak kalo banyak alesan nolak.. Hafeeettttt

      Hapus
  2. Senang baca artikelnya mba. Lengkap banget info2x. Thank u ya

    BalasHapus
  3. mantap artikelnya, kunjungan dari softkini.blogspot.co.id

    BalasHapus
  4. istimewa pemandangannya, sangat cocok buat pengantin baru untuk tempat bulan madu, thaks sudah berbagi infonya, sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaalloh gag akan kecewa kalau kesini mas.. :D

      Hapus
  5. Keren.. mampir ya ke www.wardana.ga

    BalasHapus
  6. Asik, ulasannya lengkap, kebetulan saya lagi nyari pantai di Malang. Bisa jadi referensi saya kalau ke sana. Makasih yaaa

    BalasHapus

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes