24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
One Day Trip - Transportasi Dari Surabaya Ke Blitar (Kampung Coklat)

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

One Day Trip - Transportasi Dari Surabaya Ke Blitar (Kampung Coklat)

Long weekend is coming.. Desember ini emang surganya buat para karyawan atau pekerja yang merindukan waktu istirahat panjang ya. Dari long weekend maulid nabi, long weekend natal, dan long long long weekend tahun baru yang bentar lagi dateng. Udah ada plan apa aja nih guys? Pasti ada yang milih lebih nikmatin long weekemd di rumah aja, istirahat, quality time bareng keluarga ya kan? Tapi yakin juga deh gag sedikit.yang udah bikin plan buat ngabisin long weekend di akhir tahun dengan liburan ke destinasi-destinasi impian.

transportasi dari surabaya ke blitar

Nah untuk long weekend maulid nabi kemaren kita mutusin buat ke Blitar. Ke salah satu destinasi yang katanya lagi rame-ramenya disana. Kita penasaran aja. Ada apa sih di Kampung coklat.
Well, dipostingan kali ini aku mau bahas masalah akses dan transportasi kesananya dulu. Untuk review tempat KAMPUNG COKLAT nya sendiri nanti akan ada dipostingan selanjutnya.

BACA JUGA: Kampung Coklat Blitar - Destinasi Wisata Pilihan Keluarga 

TRANSPORTASI DARI SURABAYA KE BLITAR

Jadi dari awal kita emang niatnya mbolang. One day trip to Blitar. Berhubung gag ada sanak saudara atau teman yang berdomisili di Blitar maka kita cuma berbekal info-info dari google tentang akses dan transportasi kesana, yang sebenernya info itupun gag terlalu banyak di seach engine nomor wahid ini..i dont know why. Gag terlalu banyak yang review rupanya. 

Oke lanjut. 
Jadi kita milih transportasi umum yaitu kereta ekonomi AC. Ternyata kereta ke blitar dari Surabaya ini termasuk ke kereta lokal. Yang artinya, kita gag bisa mesan online dari web apapun, hal ini dikenal dengan istilah Go Show. Agak kaget sih karena baru sekali ke blitar naik kereta lokal. Cuma 15ribu bokkk.. Biaya makan sekali bisa buat berangkat ke blitar yak. Kerennnnn.. Go go KAI. Nah dengan biaya segitu doang (PP 30.000) lan cocok banget buat yang emang niat mbolang ala backpackeran. Ya kannnnnnnn....

Jadwal lengkap kereta api ekonomi ac dari Surabaya ke Blitar bisa dilihat disini ya.. JADWAL KERETA API SURABAYA-BLITAR

Oh iya, untuk kereta ke blitar ada 2 jalur ya. Ada yang lewat kertosono, ada yang lewat malang. Silahkan pilih.. Kemarin aku pilih yang lewat kertosono karena kereta lewat malang gag bisa jalan efek banjir di Porong Sidoarjo.

Dari sekian pilihan kereta dan waktu, kita kemarin milih untuk berangkat sabtu pagi jam 8.30 menggunakan kereta Dhoho Penataran dan sampai di Stasiun Blitar pukul 13.15. Perlu diingat ya, tentukan destinasinya dulu mau kemana, soalnya stasiun di blitar gag cuman ada 1 aja. Kami milih turun di stasiun blitar karena stasiun tersebut yang paling dekat dengan tujuan wisata kita yaitu Kampung Coklat. 

Satu yang penting nih, awal rencana kita berangkat jumat pas hari libur pertama, dan kamis sore ke stasiun untuk beli tiket. Ternyata udah sold dan jam operasional loket udah tutup. So, kalau mau go show mungkin jangan mepet-mepet banget belinya. Takut-takut udah sold, soalnya kita kan gag bisa ngecek ketersediaan kursi kereta seperti biasanya kita cek kereta api yang bisa online. 

Oh iya, kereta api lokal ternyata juga menyediakan tiket tanpa kursi. What? Ya maksudnya berdiri bagi yang bersedia atau bagi yang udah keabisan tiket duduk. Agak eman sih. Kalau dengan bayar yang murah banget 15ribu aja kita bisa duduk. Ngapain capek capek berdiri. Pertimbangin ini waktu nyari tiket kereta api lokal ya guys. 

Namanya juga kereta ekonomi. Biarpun udah ac dan sudah jauh lebih nyaman daripada jaman dulu belum ada ac. 

BACA JUGA: Kampung Coklat Blitar - Destinasi Wisata Pilihan Keluarga 


TRANSPORTASI DARI BLITAR KE KAMPUNG COKLAT

Sampailah kita di stasiun blitar pukul 13.15. Sebenernya ada yang salah ini dati trip kali ini. Kita kurang banyak cari tau tentang transportasi dari stasiun blitar ke kampung coklat bisa pakai apa saja. Informasi dari internetpun gag terlalu banyak. Alhasil kita percaya sama info dari saudara yang beberapa tahun lalu pernah kesana naik kereta, bahwa ada angkutam umum berupa angkot dengan harga wajar sampai ke kampung coklat. Alih alih kita mau berhemat dengan cara backpackeran ke kampung coklat, eh malahan kita rada tercengang dengan biaya transportasi dari stasiun ke tempat tujuan yaitu kampung coklat? 

Why? Something surprise us... Jarak dari stasiun ke kampung coklat sekitar 9-10km. Mungkin kalo disana ada gojek tarif per orang hanya sekitar 20-25rb. Ini estimasi aja. Tapi ya gitu disana gag ada ojek online. Angkot?? Yap.. Angkotpun gag ada. Cuman ada 4 pilihan transportasi yang siap memgantar kita ke sestinasi-destinasi wisata yang ada blitar. Yaitu 

1. AGLING (ANGKUTAN LINGKUNGAN)

Sejenis bemo yang kondisinya masih bagus dan bersih. Rasanya terobosan baru di blitar untuk menunjamg pariwisata disana. Entah dikelola pemerintah disana atau lembaga tertentu. Tapi nampaknya emang satu paguyuban gitu. Artinya pasti bayar fee tertentu ke lembaga pengelolanya dong ya. Tarifnya sekitar 150ribuan. Jangan lupa harus nawar yaa.. Kemarin saya nawar mentok di 100ribu. Bolak balik. Angling nungguin. Rasanya ada batasan berapa jam angling ini menunggu. 1 angling bisa untuk 2 orang. 3 orang kalay kurus-kurus 


transportasi dari surabaya ke blitar

transportasi dari surabaya ke blitar

transportasi dari surabaya ke blitar



2. OJEK KONVENSIONAL 

Penting: gag ada ojek online. Tarif pas saya tanya 75rb 1 orang. Gag bisa nawar kemarin mentok di itu. Yaudah kita skip milih angling.

BACA JUGA: Kampung Coklat Blitar - Destinasi Wisata Pilihan Keluarga 

3. BECAK KONVENSIONAL

Agak lupa berapa tarifnya. Rasanya ga jauh beda sama yg diatas. Cuma minusnya karena di blitar gag diperbolehkan ada becak motor, jadi becaknya masih dikayuh. Dan akan makan waktu yang lumayan lama kalau naik becak ini untuk sampai ke kampung coklat. Alhasil kita skip gag milih ini

4. CARTER MOBIL

Kurang paham dan gag tanya karena kita cuma 2 orang. Ngapain nyarter. Buang space banyak, rugi bandar dong.hehe

Well. Kita agak terkejut dengan ongkos-ongkosnya. Dari satu sisi aku tau sih ini buat menambah pemasukan orang lokal yang jadi sopir transportasi ini. Lumayan gede kan tuh. Tapi disisi lain kayak aku pribadi nih jujur kalau ke blitar lagi jadi mikir kalau mau mbolang naik kereta kalau disana gag ada kenalan atau saudara yang bisa anter atau jemput atau sekedar pinjam kendaraan. Karena eh karena alih alih niat mbolang biar biaya minim sampai naik kereta yang PP cuman 30rb eh eh malah bengkak di transportasi lokalnya. So, kalau kesana lagi aku sih milih bawa kendaraan pribadi. Karena untuk biayanya kalau diitung itung 11-12 lah. Hampir sama. Mungkin lebih mahal tapi kita leluasa mau kemana saja dan tanpa dibatasi waktu. 

Sekian sesi berbagi informasi kali ini. Eh iya.. Next post bakal share tentang apa aja sih yang ada di KAMPUNG COKLAT BLITAR.

thankyou for reading. 
@rinie_noe
Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

10 komentar

  1. Sekarang sudah ada Grab bike atau Grab car di Blitar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya mbak? Alhamdulillah ya . Kemajuan . Jadi lebih mudah kalo mau main ke Blitar naik kreta. Dlu saya sampe kebingungan cari transportasi karena pengennya yang murah. Maklum travelling . Thx mba infonya . Bisa buat bekal pembaca yang lain

      Hapus
  2. Hehehe membantu banget yah mbak, banyak pengetahuan lumayan kalau dibaca

    BalasHapus
  3. Apa belom ada grab mbak? Atau go car gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas akhir tahun 2017 saya kesana belum ada mas. Angkot saja ndak ada . Mungki. Gag dibolehin beroprasi sampai stasiun. Soalnya banyak paguyuban kayak andong eh bajai gtu. Sama becak ontel mas

      Hapus
  4. Mbak numpang tanya kalau sekaeang sudah ada ojek online kah semisal g*car atau gr*ab gitu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. info terbaru dr temen katanya ada tapi terbatas g di sembarang titi bisa ambil mbak. di kediri etat. kemungkinan di tempat wisata belum di perbolehkan soalnya di sana ada paguyuban ojek dan transport lokal.

      Hapus
  5. pulangnya naik apa mbak? kereta jg kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kreta juga say. Ga nginep kok. Sore ada kreta kok dr Kediri ke Surabaya.

      Hapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post