24YUDYz8QT7MXoegj5Z8XjSLpHhOOVA2tBkG3wGE
Mudahnya Klaim BPJS Ketenagakerjaan Dengan E-Klaim

Iklan Billboard 970x250

Hosting Unlimited Indonesia

Mudahnya Klaim BPJS Ketenagakerjaan Dengan E-Klaim

Buat kalian yang mau atau sudah resign dari kantor atau perusahaan tempat kerja sekarang dan dengan status terdaftar di bpjs ketenagakerjaan (noted: ketenagakerjaan ya bukan kesehatan) aku mau sharing info nih. Tentang cara dan alur klaim bpjs-tk ini.

Jadi akhir bulan maret 2017 kemarin adalah hari terakhir aku kerja di perusahaan lama. Yaitu perusahaan distributor foods and beverages aneka produk untuk wilayah jatim (dulunya plus bali). Kebetulan aku berkantor di head office nya Surabaya.

Jadi buat karyawan atau ex karyawan yang resign atau phk atau lain sebagainya yang intinya pemutusan hubungan kerja dengan satu perusahaan yang mendaftarkan karyawannya ke bpjs-tk akan ada dua pilihan perlakuan terhadap saldo bpjs-tk kita ini.


Bpjs tk mobile


1. KLAIM SALDO BPJS (Pencairan)
Perlakuan ini aku saranin hanya dilakukan jika benar-benar butuh uangnya. Atau karena kondisi kondisi tertentu seperti tidak lanjut bekerja di perusahaan lain, untuk modal usaha, untuk investasi di hal lain dan kondisi kondisi lain yang bersifat positif misal DP rumah atau DP mobil. Kalau mau dicairkan hanya untuk kebutuhan konsumtif yang kurang manfaat padahal masih bisa dilanjutkan di kantor lain misalnya sebaiknya jangan dicairkan dulu. Kenapa?? Karena bpjs ini bunga dan returnnya (atau apa lah istilahnya) pokoknya pengembaliannya menurut saya lumayan besar. Seperti uang kaget karena iuran kita ditambah iuran dari pperusahaan plus return, maka BPJS TK sebenernya bak tabungan atau investasi bagi karyawannya.

Trus alasanku melakukan pencairan terhadap saldo BPJS TK apa?. Nah.. Aku sendiri ambil dan mencairkan saldo bpjs tk setelah masa kerja 5 tahun lebih karena di perusahaan tempat baru sekarang bekerja sudah tidak memakai jasa bpjs tk melainkan ke jiwasraya. Apa itu jiwasraya. Aku juga masih cari tau. Hehe. Tapi menurut pencarian di search engine jiwasyara itu sama-sama untuk menopang Jaminan Hari Tua layaknya BPJS TK bahkan jiwasraya dan BPJS TK melakukan kerjasama.

FYI nih, saldo yang cair adalah 100% saldo terakhir kita. Tanpa potongan, tanpa pajak progresif, padahal dulu denger denger kena progesif. Menyenangkan sekaliii... Bahkan aku rada bingug saat cek saldo yang cair di rekening. Malah lebih dari saldo terakhir yang aku cek di aplikasi BPJS TK. Eh iya, buat yang belum tahu. Kalau dulu dulu informasi saldo bpjs tk cuman bisa kita ketahui pas akhir tahun atau awal tahun setelahnya dari cetakan rahasia berwarna hijau dari bpjs tk. Sekarang lebih praktis dan lebih bermanfaat karena bisa kita lihat di aplikasi BPJS TK yang bisa di download di playstore loh. Nilai plusnya nih kita jadi bisa lihat saldo tiap bulan. Gag harus nunggu setahun asik kan jadi tahu tabungan berapa. Eakkk..

So, sekedar saran, pertimbangin ya kalau mau pencairan. Bener-bener butuh enggak. Plan nya mau buat apa aja. 

2. BPJS TK DILANJUTKAN DI KANTOR BARU
Opsi kedua adalah lanjutin kekeikutsertaan BPJS TK. Seperti yang aku tulis diatas, return dari bpjs tk ini cukup besar. Ketimbang bunga tabungan tentu jauh. Aku sendiri ngerasain bener bener lumayan saldo di bpjs tk ini. Jadi kalau saldo udah ada trus mau di lanjut, pastilah return nya akan makin besar. Manfaat dimasa depan akan makin terasa nantinya.


SYARAT DAN ALUR E-KLAIM BPJS-TK
Berikut adalah syarat klaim bpjs via online atau yang sering disebut E-klaim.


  1. Register akun di aplikasi atau di website BPJS TK. Ini link untuk E-KLAIM BPJS-TK  (hanya bisa dilakukan via komputer/pc) atau ini https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs
  1. Sign in.
  1. Pilih menu e-klaim
  1. Ikuti tahap tahap dan isi identitas 
  1. Upload scan-scan an dokumen yang diperlukan. 
  • KTP
  • KARTU KELUARGA
  • KARTU BPJS TK
  • Surat penglaman kerja atau surat referensi kerja dari perusahaan tempat terakhir bekerja
  • Buku tabungan
  • Note: aturan terbaru bpjs menurut info customer service yang aku telpon waktu itu, sekarang klaim bpjs tidak perlu membawa surat referensi kerja dari DEPNAKER, jadi cukup bawa yang dari perusahaan saja. Lebih praktis kan.
jadi kalau mau disimpulkan, berikut kelebihan dari e-klaim BPJS TK.
  1. tak perlu antri di kantor bpjs lama-lama
  1. e-klaim mendapat prioritas ditangani lebih dahulu karena proses lebih cepat.
  1. proses lebih cepat. di loket tidak sampai sepuluh menit
  1. jadi tahu kalau dokumen kita diterima atau di acc apa tidak. kan gag lucu kalau manual sampai sana eh ternyata dokumen kurang lengkap atau salah. 
x
Berikut adalah dokumen yang perlu di upload dan dibawa ke kantor bpjs tk.
Tahap Terakhir, Klik send dan unduh formulir untuk dicetak dan dibawa saat nanti ke kantor BPJS.

Setelah kita kirim via online maka kita akan terima email konfirmasi dari bpjs tk tersebut. Email tersebut berisi informasi bahwa anda sudah melakukan e-klaim serta himbauan untuk menunggu konfirmasi kedua atau email kedua. Email kedua nanti berisi tentang apakah klaim kita diterima  atau di tolak. Kemungkinan ditolak bisa terjadi kalau ada persyaratan yang salah atau tidak lengkap. Nah kalau klaim sudah diterima, anda akan diberikan jadwal untuk langsung datang ke kantor bpjs terdekat untuk membawa dokumen asli dan fotokopi (maksimal 7 hari dari tanggal terima konfirmasi e klaim diterima), kemudian menunggu 7x24 jam sampai uang masuk ke rekening kalian. Gampang kok.

Terus, udah klaim online kok masih perlu datang langsung ke kantornya?
Nah ini, buat yang belum tau dan paham manfaatnya e-klaim. Kalo menurutku, e-klaim fungsinya untuk mempercepat transaksi dengan memangkas alur yang seharusnya dilakukan jika klaim manual. Seperti, harus datang pagi-pagi banget, ambil nomor antrian, antri nomor antrian, isi blanko manual, antri lagi dipanggil. Dan pasti itu makan waktu apalagi orang yang datang ke bpjs-tk setiap hari ternyata jumahnya banyak banget. Jadi kalo gag dateng pagi banget buat yang klaim manual, ya siap-siap aja di proses agak siangan. Jadi, untuk orang yang masih harus beraktivitas lagi macam yang nulis ini. Tentu e-klaim membantu banget. Gimana enggak. Sampai sana, tanpa ambil nomor antrian, tanpa antri, tanpa isi blanko. Begitu pintu dibuka dan jam operasional dimulai, aku langsung masuk dan langsung menuju loket. Proses 10 menit selesai.  Aku udah bisa pulang, tinggal nunggu uang cair ke rekening. Simple kan.


NB: So kalian mau pilih mana?

Sekian sharingnya, semoga bisa bermanfaat bagi yang mbaca. :))
@rinie_noe
Baca Juga
SHARE
Rini Novita Sari
Sharing is caring. Tell me your story and i will tell mine! Celoteh Dini Hari is a site for sharing about lifestyle, tips and tricks, travelling, entertainment, career and bussines etc

Related Posts

Subscribe to get free updates

5 komentar

  1. JAdi nambah tahu tentang BPJS, terima kasih untuk artikelnya

    BalasHapus
  2. Banyak sekali ya Mbak dokumen yang harus dibawa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mbak. Pastikan jangan ada yang ketinggalan dokumennya. Asli dan fotocopiannya. Biar gag bolak balik dan langsung bisa di proses :)

      Hapus
  3. Makasi infonya... memperkuat kyakinan untuk tidak buru2 ikut klaim bpjs-tk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalo belum ada butuh mendesak memding jgn diambil dulu mbakk.. kecuali case tertentu...:) lumayan buat tabungan hehe

      Hapus

Posting Komentar

Iklan Tengah Post