Senin, 11 Desember 2017

Dalam postingan sebelumnya aku udah bahas tentang transportasi dari Surabaya ke Blitar untuk tujuan destinasi wisata lokal yang sudah terkenal namanya yaitu Kampung Coklat. Tak lengkap rasanya ke Blitar tanpa mampir dulu sejenak bahkan berlama-lama ke destinasi wisata yang satu ini “KAMPUNG COKLAT”


Kampung Coklat Blitar

Kampung Coklat Blitar
Blitar sendiri sebenarnya memiliki banyak destinasi wisata yang udah masuk ke “wishlist’ pribadiku, terutama pantai-pantainya yang masih asri. Sebelum melancong lebih jauh ke pesisir pantai Blitar, yuk kita bahas dulu salah satu tempat wajib yang harus dikunjungi saat ke sana. Check this out!

KAMPUNG COKLAT

Kok kampung? Apasih kampung coklat itu? Satu kampung yang isinya orang-orang nanam pohon coklat gitu? Eitssssss... ngarang aja. Haha. Jadi wisata kampung coklat ini adalah suatu lahan atau satu tempat yang dikelola khusus untuk mengangkat salah satu komoditi Indonesia yaitu coklat / kakao. Apa maksudnya? Ya,, maksudnya semua yang ada didalamnya berbau-bau coklat ( yak elahhh)

Kampung coklat merupakan suatu ruang yang dibangun dengan tempat wisata dimana para wisatawan bisa menikmati makanan, minuman, serba serbi oleh-oleh serba coklat serta berkongkow atau bersantai ria di bawah jejeran pohon-pohon coklat yang tertata dengan rapi dengan pemandangan hijau dari bibit bibit pohon coklat yang sedang dikembangkan.

Disini kalian bisa menikmati paket wisata atau sekedar untuk mendapatkan pengetahuan tentang penanaman, pemrosesan sampai menikmati food and beverages serba coklat. Pokoknya bagi kalian yang pecinta coklat kayak aku ini akan merasa terpuaskan deh.

LOKASI:
Lokasi wisata kampung coklat blitar berada di Jalan Banteng Blorok 18 Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan (bisa di cek di google maps untuk lebih mudahnya). Untuk mencapai kampung coklat ini juga sangat mudah bisa dilihat di postingan sebelumnya yaaa..

BACA JUGA : Transportasi Dari Surabaya Ke Blitar (Kampung Coklat)

Jarak tempuh sekitar 15 sampai 20 menit menggunakan transportasi ojek atau angkutan lingkungan (angling).

PARKIR:
Tempat parkir meskipun tak terlalu luas namun masih bisa mencukupi mengingat banyak tukang parkir yang bersedia menyediakan dan mencarikan tempat untuk parkir. Berbagai jenis kendaraan bisa parkir di area ini seperti bus, elf, mobil, sepeda, becak bahkan delman.

TIKET/RETRIBUSI:
Dari pintu masuk kalian akan melewati lorong yang eye catching dengan tembok yang instagram-able banget. Hahahha. Terus berjalan kalian akan bertemu dengan loket pembelian tiket/retribusi. Untuk masuk menikmati dan melihat apa saja yang ada di kampung coklat ini kalian hanya perlu membayar Rp5000,- per orang.

KONSEP:
Kampung coklat ini mempunya konsep dan ide yang menurut saya sangat menarik ya. Gimana enggak, kebun coklat yang bisanya berada di area terbuka dan terik diubah menjadi satu cafe/pujasera yang sangat cozy dan nyaman dijadikan tempang kongkow santai bersama sanak family, sodara, teman dan juga pasangan.

VIEW:
Setelah loket terlewati kalian akan langsung melihat arsitektur bangunan yang didominasi warna coklat menuju perkebunan coklat yang disetting khusu dijadikan cafe dan pujasera yang bisa digunakan oleh family bahkan anak muda untuk rehat sejenak dari teriknya kota Blitar. Yang tak kalah menarik kalian akan disuguhi pemandangan pohon-pohon coklat nan hijau yang tertanam disela-sela lantai yang sudah rapi (ber-paving dan keramik) sehingga bukan view tanah lagi seperti pohon coklat yang biasa tertanam di kebun. Namun lantai-lantai ini nampaknya tak terlalu mengganggu sirkulasi udara dari akar pohon sendiri melihat semua pohon hampir tumbuh dengan baik dan berbuah.
Kampung Coklat Blitar


Di sisi sebalah kanan dari tempat ini akan kalihan lihat pembibitan pohon coklat yang sedang dikembangbiakan dan sengaja dibuka agar pengunjung bisa langsung menikmati pemandangannya.

Kampung Coklat Blitar

Kampung Coklat Blitar

SUASANA:
Tidak ada hawa terlalu panas disini padahal suhu diluar kampung coklat cukup terik. Suasana siangpun cukup terang namun teduh. Hal ini disebabkan kampung coklat ditutup oleh atap transparan yang menimbulkan cahaya matahari tetap bisa menyinari masuk. Sedangkan rasa teduh disebabkan oleh banyaknya pohon kakao yang berjejer di area cafe dan pujaseranya dan menyebarkan aroma coklat yang nikmat.

Jangan kaget kalau saat kalian kesini kalian akan menjumpai keramaian. Tempat ini sudah jadi salah satu destinasi utama kota Blitar. Banyak komunitas dan perkumpulan-perkumpulan melakukan gathering disini. Tempat ini juga jadi incaran bagi para keluarga yang sedang berlibur. Amannya adalah tempat ini menyiapkan banyak sekali tempat duduk dan meja bak cafe cafe alam yang bernuansa kayu dan yang mampu menampung banyaknya pengunjung yang datang.
.
MAKANAN DAN MINUMAN:
Ditempat ini kalian akan bebas memilih menu dari makanan dan minuman yang lagi-lagi masih berbau coklat, seperti mie coklat, pisang coklat, kue coklat, waffle, es krim, dan aneka makanan lain. Dan jangan salah, selain makanan serba coklat ternyata disini juga ada bakso dan bahkan menu nasi rumahan yang disediakan prasmanan dengan harga yang masih sangat wajar. Menu-menu tadi tersedia dalam bentuk stand-stand yang berjejer rapi dengan beberapa sistem pembayaran di kasir untuk mendapatkan voucher dan ditukar di stand penjual.


Kampung Coklat Blitar

FASILITAS
Selain bangku-bangku cafe bernuansa kayu di tengah kebun kopi yang asri, disini juga terdapat terpai iklan yang berada ditengan-tengah area kampung coklat. Seperti tempat wisata yang dijaga banget, tempat ini juga ada mushola serta kamar mandi dibeberapa sudut.

Spot foto? Jangan tanya. Buktiin aja sendiri. Banyak kok, cuman ya gitu beruntung-beruntungan bisa dapet foto di spot terbaik, soalnya tempatnya rame. Aku sendiri gag seberapa suka foot dengan pemandangan yang bocor (maksudnya banyak orang asing yang ikut masuk frame) :p.

Untuk menambah kenyamanan, tak lupa pengelola juga menyediakan live musik setiap weekend loh disamping meja prasmanan yang tadi aku bahas di point ‘makanan dan minuman’. asik banget kan, jadi lebih hidup gitu suasananya.

OLEH-OLEH:
Konon katanya liburan gag lengkap rasanya tanpa membawa oleh oleh ditangan. Ya bisanya buat berbagi kebahagiaan buat yang gag ikut liburan. Anggep aja amal selagi ada budget kan yaaaaa... nah jangan takut, buat yang punya kebiasaan beli oleh-oleh atau punya temen yang kebiasaannya minta oleh oleh (LOL :P ) kalian bisa dapatkan dengan gampang disini.


Di kampung coklat ini bahkan disediakan satu ruang khusus yang gede banget jauh lebih gede dari indomar8et dan alfamar*t dekat rumah kalian deh pokoknya.

Apa aja yang bisa didapet disini? Hmm..banyakkk banget. Aneka olahan coklat batangan, coklat bubuk, dodol coklat, coklat curah, brownis coklat, permen, coklat aneka rasa. Kaos, t-shirt dan aneka oleh-oleh lainnya dengan harga yang masih terbilang wajar menurut ku.

BACA JUGA : Transportasi Dari Surabaya Ke Blitar (Kampung Coklat)

Sekian informasi yang bisa aku bagiin di liburan kali ini. Semoga bisa menambah informasi dan bekal bagi kalian yang sedang mencari destinasi wisata.
Sampai jumpa di sharing tentang travelling berikutnya. Semoga aku bisa liburan lagi. Yeaayyy

@rinie_noe

13 comments:

  1. Wah deket gak mbak dengan panggung rejo, mbah saya dari sana, kayaknya tempatnya enak nih bisa jadi tempat wisata keluarga saya. Nice info loh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo daerah sana nama namnya gag apal aku mas, dari suarabaya soalnya hehe. Nahh enak tuh ada sodara situ. Kapan2 kalo ke tempah mbah bisa sekalian mamoir situ. Enak kok.. Hehe. Makasih udah berkunjung

      Hapus
  2. Wah rasa jadi pengen kesana setelah baca artikel mbak ini

    BalasHapus
  3. Di Blitar ada tempat sekeceh ini, nanti kalau pas di Jawa Timur mampir bisa kayanya. Sekalian ziarah Bung Karno.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betulll mas. jangan lupa kalau liburan ke blitar, ke makam bung karno, penutupnya kesini. Asikk :))

      Hapus
  4. kayaknya ini salah satu tempat wisata yang wajib di kunjungi nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nihh.. Asikkk tempatnya. Kalo ke blitar jangan lupa kesini :D

      Hapus
  5. waah sebagai penggemar cokelat, wajib banget nih saya ke sana. jadi pingin banget traveling ke Blitar deh hehe. Suka nulis tentang kuliner? Coba nulis di belanga.id yuk. Lagi ada kompetisi berbagi foto dan kuliner #JadiKangenIbu. Hadiahnya jutaan rupiah. Cek https://belanga.id/lagi-kangan-masakan-ibu/ jangan lupa follow Instagram @belangaindonesia dan like Page FB Belanga Indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak infonya..

      Iya recommended kok kampung coklat ini. Emang udah jadi icon nya kota blitar. Bisa sante sante disana..

      Hapus
  6. Liburan smester kesini seru kayk Nya. Recommend nih.

    BalasHapus
  7. Bisa nih kapan kapan main ke situ sama keluarga.. thx infonya ka

    BalasHapus

Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates & MyBloggerThemes